Foto Hok Tek Tong Jepara 1

Lukisan Kuan Im Pho Sat berukuran besar menempel pada dinding yang ada di belakang atas altar dimana terdapat rupang Buddha Sakyamuni. Kwan Im, Dewi Welas Asih yang konon tak pernah menolak permohonan umat, digambarkan duduk bersila di atas awan berlatar bulatan matahari, dengan bunga teratai warna merah dadu tengah mekar di depannya.

kelenteng hok tek tong jepara

Di Kelenteng Hok Tek Tong Jepara saya baru memperhatikan bahwa ada beberapa kelompok kotak Ciam Sie, yang masing-masing bisa dipilih sesuai niat yang dimiliki. Ada Ciam Sie Obat Dalam dan Ciam Sie Obat Luar yang sesuai kelompok umur, karena di sana ada Dewa Obat yang bisa dimintai pertolongan bagi yang memerlukan penyembuhan penyakit dan obat-obatan.

kelenteng hok tek tong jepara

Altar dimana terdapat rupang Buddha dengan mulut tersenyum tipis dengan badan yang dibalut baju sutera berwarna keemasan dengan ornamen naga hijau. Bunga sedap malam dalam vas diletakkan di mejaltar. Sejumlah patung Buddha berukuran lebih kecil terlihat diletakkan di sekeliling bawahnya. Di atas patung ini (tak kelihatan) adalah lukisan Dewi Kawan Im berukuran besar.

kelenteng hok tek tong jepara

Lukisan pada daun pintu masuk yang berukuran selebar dan setinggi pintunya. Tak ada keterangan nama, maka sebut saja dia dewa langit penjaga bangunan suci. Berbaju zirah dan bertampang galak, di tangannya terdapat sebilah pedang yang sarungnya mirip tongkat bambu.

kelenteng hok tek tong jepara

Dewa langit penjaga pintu satunya lagi dengan kumis dan jenggot jauh lebih panjang, alis mata berbentuk golok, sorot mata menusuk, berbaju hijau yang dibalut dengan zirah keemasan. Pedang yang masih tersimpan dalam sarung disenderkannya di atas bahu.

kelenteng hok tek tong jepara

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.