Foto Gua Selirang 1

Pandangan yang mengarah ke Gua Selirang dari undakngan yang masih dibuat dengan bahan seadanya, dan mungkin kurang nyaman jika hujan mengguyur pinggang Gunung Slamet, hal yang terjadi nyaris sepanjang tahun terutama di sore hari.

gua selirang baturraden banyumas

Pemandu sukarela yang menemani turun ke bawah tebing belerang sempat saya potret saat berdiri di depan Gua Selirang Baturraden, dengan tebing belerang yang elok di atasnya. Pemandu amatir itu memang tak ada tarif tertentu dan dibayar serelanya, karena tanpa pemandu pun orang akan dengan mudah menemukan lokasi gua.

Trap-trapan menurun menuju ke bagian bawah tebing belerang dimana terdapat Gua Selirang dan akses menuju ke Gua Sarabadak, serta trap-trapan naik menuju kembali ke area Pancuran Pitu.

Dari kiri ke kanan: Decyca (R.I.P.), Rika, Dewi, Lita, dan Olyv saat berhenti sejenak di trap-trapan, beberapa saat setelah meninggalkan area Pancuran Pitu menuju ke area dimana Gua Selirang berada.

gua selirang baturraden banyumas

Pemandangan yang elok pada arah aliran sungai yang berada di depan Tebing Belerang, Gua Selirang serta Gua Sarabadak. Saya menduga sungai ini merupakan bagian hulu dari Kali Gumawang yang melewati Lokawisata Baturraden.