Foto Gereja Simultan 3

Pandangan pada bagian atas menara yang memperlihatkan simbol agama Konghucu berupa Yin-Yang, serta simbol agama Islam berupa Bulan sabit Bintang. Kerukunan beragama di kubur sudah biasa, meski lokasinya sering dipisah juga, namun yang harus terus dirawat adalah kerukunan ketika masih hidup.

gereja simultan menteng pulo

Tanaman perdu dan bebungaan di sekitar kolam columbarium ikut membantu memberi suasana yang menyejukkan, setidaknya bagi pengunjung. Hanya bunga merah dan putih yang terlihat di sana, tak ada biru, mungkin untuk menghormati tanah dimana mereka bersemayam.

gereja simultan menteng pulo

Pandangan pada sudut pertemuan antara serambi gereja dan bagian bawah menara. Jalur pedestrian yang dibuat di sekeliling gereja, termasuk di sekitar kolam, membuat orang bisa menelusuri hampir setiap bagian dari kompleks yang menawan ini.

gereja simultan menteng pulo

Pandangan utuh pada menara yang menjulang cukup tinggi ini. Sayang sekali saat itu tak terpikir sama sekali untuk naik ke atas sana, karena kelihatannya lubang-lubang di bawah kubah memiliki pandangan ke segala arah yang sangat baik. Lambang salib tampak terlihat pada sudut sebelah kiri.

gereja simultan menteng pulo

Elisa tampak tengah memasukkan tangannya ke dalam kotak yang berisi makanan ikan. Ia tengah memandang kelepak ikan yang menggerakkan permukaan kolam di depannya saat berebut makanan yang sebelumnya dilemparnya. Di belakangnya, Olive dan Rika entah tengah berbincang tentang apa. Perhatikan pula lambang di bagian atas pilar.

gereja simultan menteng pulo

©2020 aroengBinang