Foto Gereja Simultan 2

Teman-teman tengah merubung kitab Injil kuno yang berada di dalam kotak kaca sebuah mimbar di serambi gereja. Kitab ini merupakan salah satu peninggalan menarik yang ada di dalam ruangan gereja, selain salib rel Birma.

injil kuno gereja simultan menteng pulo

Tawa cerah dalam kebersamaan di sekitar mimbar kitab kuno. Empat deret dan dua lajur bangku di ruangan ini bantalannya sedang dicopot sehingga terlihat berlubang, mungkin hanya dipasang ketika ada rombongan tamu yang berziarah dan akan berdoa di gereja ini.

gereja simultan menteng pulo

Pandangan dari belakang mimbar ke arah halaman depan gereja dengan pintu masuk kayu kembar dan lubang-lubang hawa di bagian kiri adan atas dinding. Lantai gereja tampak bersih mengkilat, tanda bahwa gedung ini dirawat baik.

gereja simultan menteng pulo

Pemandangan pada Columbarium yang berada di sayap kiri Gereja Simultan, dengan sebuah kolam asri dan dua selasar yang membentuk sudut, disangga oleh pilar-pilar. Meskipun air kolam tak jernih, namun lumayan untuk membantu mendinginkan hawa, selain sejumlah pohon peneduh tanggung.

columbarium gereja simultan menteng pulo

Merawat kenangan pada orang mati yang berjasa pada bangsa dan negaranya dengan membangun columbarium yang elok dan dirawat secara sangat baik seperti ini memperlihatkan penghormatan pada mendiang yang tidak hanya sekadar kata dan slogan kosong. Ini bukan soal biaya, namun pola pikir, kemauan, yang diikuti tindak nyata.

gereja simultan menteng pulo

©2020 aroengBinang