Foto Gardu Pandang Sangiran 1

Lantai tengah Gardu Pandang Sangiran dengan sejumlah poster yang dibuat dan dipasang ala kadarnya, sehingga tidak menarik dan kurang informatif bagi pengunjung. Tempat yang begitu terbuka di Gardu Pandang Sangiran ini memang beresiko jika memasang benda yang sedikit berharga.\r\n\r\nLantai ini tampaknya dimaksudkan sebagai tempat berteduh jika hujan turun karena dindingnya tertutup dengan dinding beton dan kaca sehingga bisa menangkal tempias air jika hujan turun disertai angin. Dinding kaca juga membuat pengunjung dapat melihat keluar, dan sekaligus sebagai akses cahaya untuk menerangi ruangan. Dari lantai ini saya meneruskan langkah meniti sisa anak beton tangga untuk menuju dek pandang di lantai paling atas.

Gardu Pandang Sangiran Sragen

Kawasan perbukitan wilayah Sangiran yang banyak ditumbuhi pohon-pohon yang belum begitu tua. Tak ada tengara yang jelas di sisi ini kecuali atap sebuah rumah di pojok kiri bawah.

Gardu Pandang Sangiran Sragen

Dengan lensa 200mm saya bisa melihat kegiatan di sebuah petak sawah yang baru saja dipanen. Adanya sawah menunjukkan bahwa ada aliran air di sana, dan mungkin dekat dengan Sungai Cemoro, anak Bengawan Solo.

Gardu Pandang Sangiran Sragen

Sebuah bangunan bergaya joglo tampak di bagian atas, berdekatan dengan bangunan beratap putih berbentuk kotak. Tak jelas apakah itu salah satu dari keempat kluster yang baru dibangun. Namun di kanan bawah terlihat seperti ada lintasan jalan. Memang masih sulit untuk mengenali bagian-bagian penting dari Gardu Pandang tanpa adanya pemandu, karena belum adanya landmark yang jelas.

Gardu Pandang Sangiran Sragen

Bangunan joglo yang menjadi pendopo Wisma Sangiran, guest house yang bisa digunakan untuk menginap bagi para peniliti atau pengunjung umum. Wisma Sangiran memilik kamar deluks dua buah dilengkapi double bed, bath tub dan shower, washtafel, meja rias dan rak. Ada pula kamar standard tiga buah dilengkapi double bed, bak mandi, washtafel, dan meja rias. Di ruang keluarga ada meja kursi makan dan perlengkapan dapur. Mobil (mini train) juga disediakan untuk transportasi ke Kawasan Sangiran.

Gardu Pandang Sangiran Sragen

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.