Foto Fort de Kock 2

Struktur beton berbentuk kotak dengan lubang bulat serta tiang besi ini berada di salah satu sudut puncak bangunan di tengah benteng. Tak jelas apa tujuan pembuatannya, apakah sebagai landasan senjata berat atau untuk tujuan lainnya.

benteng fort de kock bukittinggi

Deretan anak tangga menuju ke bagian atas bangunan yang ada di puncak Bukit Jirek di dalam kompleks Benteng Fort de Kock Bukittinggi. Semoga kondisinya sekarang sudah jauh lebih baik lagi, bukan malah sebaliknya.

benteng fort de kock bukittinggi

Pemandangan dari puncak bangunan dimana bisa dilihat salah satu meriam yang di pasang di sudut-sudut bangunan di Benteng Fort de Kock ini. Seorang pengunjung tampak sedang melintas di sebelah kandang unggas yang cukup besar.

benteng fort de kock bukittinggi

Pipa-pipa besi dengan tangga menuju ke gardu di sebelah kanan yang merupakan tempat tertinggi di kawasan Fort de Kock ini. Tak ada catatan berapa lama kawasan benteng ini dulunya selesai dibuat. Namun karena dalam keadaan perang, maka pembuatan benteng ini mestinya dibuat dan diselesaikan secepat mungkin.

benteng fort de kock bukittinggi

Kawasan di dalam Benteng Fort de Kock ini boleh dibilang rimbun dengan pepohonan aneka macam, membuatnya terlihat asri dan teduh. Tempat duduk juga disediakan di sejumlah tempat bagi pengunjung untuk sejenak beristirahat sambil menikmati suasana alam sekitar.

benteng fort de kock bukittinggi

©2020 aroengBinang