Foto Fort de Kock 1

Prasasti Benteng Fort de Kock Bukittinggi, Sumatera Barat, yang dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, menceritakan riwayat berdirinya benteng pada 1825 yang pekerjaan renovasinya diresmikan kembali pada 15 Maret 2003 ini.

benteng fort de kock bukittinggi

Kondisi lingkungan di kawasan Benteng Fort de Kock ini sudah tampak sangat rapi, dengan paving blok di semua area dan rumput serta tanaman yang terlihat cukup terawat. Suasana di sini sudah tidak menyerupai benteng pertahanan sama sekali.

benteng fort de kock bukittinggi

Pepipa besi di puncak gedung di titik tertinggi Bukit Jirek ini terlihat masih kokoh, dengan sejumlah karat dan jamur di beberapa titik. Tak jelas benar apakah ada fungsi pertahanan dalam pembuatan pipa-pipa besi di Fort de Kock ini.

benteng fort de kock bukittinggi

Pemandangan ke arah sebagian Kota Bukittinggi yang dilihat dari sisi bagian tengah Benteng Fort de Kock, sesaat setelah menapaki tangga yang pertama pada bangunan di puncak area benteng.

benteng fort de kock bukittinggi

Sebuah gardu kecil di puncak Benteng Fort de Kock, dengan sebuah antena pemancar radio, yang dicapai setelah naik melalui anak tangga kedua berkemiringan 45 derajat. Anak-anak tangga yang menuju puncak benteng ini juga sudah membutuhkan perbaikan, agar pengunjung merasa lebih nyaman dan aman ketika menapakinya.

benteng fort de kock bukittinggi

©2020 aroengBinang