Foto Duplikat Si Panji

Ornamen kayu pada langit-langit Pendopo Duplikat Si Panji, dengan lampu gantung dengan titik-titik lampu terbuat dari gelas kristal putih berbentuk mangkuk. Pendopo ini menjadi tengara bahwa tempat ini pernah menjadi pusat kekuasaan wilayah Banyumas yang dimulai oleh R. Tumenggung Yudanegara II, atau RT. Seda Pendapa (1745).

pendopo duplikat si panji banyumas

Pendopo Duplikat Si Panji Banyumas dilihat dari samping, menunjukkan rumah kadipaten di belakangnya yang kemudian pernah menjadi kantor kawedanan, dan sekarang ini difungsikan sebagai kantor kecamatan Banyumas. Dari area Pendopo Duplikat Si Panji saya kemudian berjalan ke bagian belakang bangunan gedung kadipaten untuk melihat peninggalan lainnya di area ini.

pendopo duplikat si panji banyumas

Tampak sudut Pendopo Duplikat Si Panji. Pendopo yang ada di sini lebih terbuka dibanding yang aslinya, tanpa ada jejeran sekat kayu pada bagian depan pendopo.

pendopo duplikat si panji banyumas

Sebuah situs yang dikelilingi pagar pagar rendah ini adalah sumur mas yang berada di halaman belakang dalem kadipaten dimana Pendopo Duplikat Si Panji berada. Sumur mas dipercaya telah ada sebelum dalem kadipaten dibuat, dan konon ukuran diameter aslinya sama sebagaimana sumur normal lainnya, namun kemudian mengecil dan hanya tinggal beberapa sentimer saja. Sebagian orang percaya pada kekeramatan sumur ini, sehingga sering dikunjungi peziarah yang ingin naik pangkat atau menjadi pejabat.

pendopo duplikat si panji banyumas

Sumur baru di ruang belakang Dalem Kadipaten Pendopo Duplikat Si Panji yang dibuat atas perintah Mardjoko, Bupati Banyumas, yang pada pilkada 17 Februari 2013 lalu dikalahkan Achmad Husein, wakilnya. Pembuatan sumur yang sempat memicu kontroversi itu kabarnya dibuat lantaran sang bupati mendapat wangsit gaib yang diterimanya lewat mimpi untuk membuat sumur di salah satu ruang pendopo kadipaten.

pendopo duplikat si panji banyumas

Salah satu bangunan pendukung di kompleks Pendopo Duplikat Si Panji Banyumas.

pendopo duplikat si panji banyumas

Bangunan pendukung lainnya di kompleks Pendopo Duplikat Si Panji yang jika tidak salah pernah digunakan sebagai kandang dan tempat menyimpan kereta kuda.

pendopo duplikat si panji banyumas

Bagian sudut samping belakang Pendopo Duplikat Si Panji yang dinaungi pohon cukup rindang.

pendopo duplikat si panji banyumas

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.