Foto De Arca Statue Art 8

Arca Sultan Hasanuddin, Raja Gowa yang terkenal dengan sebutan Ayam Jantan dari Timur, yang terpaksa menandatangani Perjanjian Bongaya setelah dikeroyok dari darat dan laut oleh VOC dan sejumlah wilayah di sekitarnya. Makam Sultan Hasanuddin di Gowa pernah saya kunjungi beberapa tahun lalu.

Sultan Hasanuddin de arca statue art museum yogyakarta

Arca KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah, dan patung Pangeran Diponegoro pahlawan Perang Jawa yang bisa membuat Belanda bangkrut jika saja ia tidak ditangkap secara licik.

KH Ahmad Dahlan de arca statue art museum yogyakarta

Arca Tuanku Imam Bonjol yang merupakan tokoh paling terkenal dalam Perang Padri, serta tokoh legendaris Untung Suropati yang dibesarkan dalam lingkungan VOC namun kemudian berbalik arah melawannya, salah satunya dengan membunuh Kapten Tack yang hendak menangkapnya.

Tuanku Imam Bonjol de arca statue art museum yogyakarta

Pandangan lebih dekat pada kuncen Gunung Merapi Mbah Marijan yang tewas pada saat letusan 26 Oktober 2010. Di sebelahnya adalah pelukis Affandi dengan cangklong di tangan yang menjadi salah satu ciri khasnya, serta mantan menteri BUMN Dahlan Iskan.

Mbah Marijan de arca statue art museum yogyakarta

Arca Ir Soekarno, Presiden Pertama RI, yang dibuat dengan cukup baik dalam setelan pakaian serta tutup kepala khasnya. Pengunjung bisa berfoto di sampingnya seolah sedang melihat buku yang dipegangnya.

Ir Soekarno de arca statue art museum yogyakarta

©2020 aroengBinang