Foto Danau Tondano 1

Lembah dengan hamparan tanaman padi muda hijau subur menghias tepian Danau Tondano. Masih sangat mudah untuk menemukan ladang persawahan luas di daerah Tondano, hanya saja sistem irigasinya sepertinya masih perlu diperbaiki oleh karena di musim kemarau harga beras umumnya mengalami kenaikan yang cukup besar, yang berarti pasokan beras di pasar mengalami penurunan.

danau tondano minahasa sulawesi utara

Deretan pancangan bambu karamba yang menancap di tepian Danau Tondano, di sebelah kanan rumah mungil, sebagai tempat penangkapan ikan. Danau Tondano adalah danau yang terbesar di Sulawesi Utara dengan luas mencapai 4.278 ha, sehingga ikannya pun cukup berlimpah. Namun dengan budidaya tentu akan memberi hasil yang lebih baik.

danau tondano minahasa sulawesi utara

Pemandangan di sebelah kiri rumah mungil di tepi Danau Tondano itu, dengan jembatan yang menghubungkannya dari tepi jalan.  Rumah yang berada di wilayah Kelurahan Paleloan itu tampaknya menjadi sebuah tempat peristirahatan yang hanya digunakan sesekali oleh pemiliknya. Tak jelas apakah juga disewakan bagi pejalan yang ingin menikmati suasana danau.

danau tondano minahasa sulawesi utara

Pandangan di awal jembatan dengan undakan di ujungnya, memperlihatkan bahwa rumah ini lebih rendah dari Jalan Langowan - Tondano yang meliuk mengikuti di tepian danau. Sekitar 600 meter sebelum rumah ini ada rumah makan masakan Manado cukup besar bernama Pemandangan Danau Tondano dengan area parkir yang luas.

danau tondano minahasa sulawesi utara

Danau Tondano Minahasa dilihat dari tepi rumah panggung di Desa Paleloan itu. Mungkin karena luasnya, angin di tempat kami berdiri terasa cukup kencang, dan riak air danau pun cukup kuat untuk membuat perahu bergoyang. Warna air yang kecoklatan di sebelah kiri pada foto tampaknya adalah daerah yang lebih dangkal.

danau tondano minahasa sulawesi utara

©2020 aroengBinang