Foto Danau Singkarak 2

Pemandangan yang terlihat dari di seberang jembatan, arah ke kiri di pertigaan Danau Singkarak, yang merupakan awal dari Batang Ombilin. Batang adalah sungai dalam bahasa setempat. Jembatan ini rupanya berfungsi menjadi semacam bendungan.

Danau Singkarak Tanah Datar

Saat memandang lebih dekat lagi pada pintu air akan terlihat skala pengukur pada dinding beton, yang setiap saat menjadi penunjuk ketinggian air Danau Singkarak, untuk dipakai dalam mengatur aliran air ke Batang Ombilin.

Danau Singkarak Tanah Datar

Pemandangan pada Hulu Batang Ombilin dengan bentang sungai lebar, yang airnya baru saja mengalir keluar dari penampungannya di Danau Singkarak, bisa dilihat dari tepian jalan. Tampak penduduk setempat melakukan kegiatan harian mereka di tepian sungai, mencuci, mandi, dan mungkin buang hajat pula.

Danau Singkarak Tanah Datar

Sebuah tiang penunjuk arah dan jarak tampak dipasang di ujung jembatan di pinggiran Danau Singkarak. Ke kanan adalah jalan ke arah Batusangkar (18 km) dan Pagaruyung (22 Km); jika lurus menuju ke arah Padang Panjang (20 km) dan Padang (92 km), dan arah sebaliknya menuju ke arah Solok.

Danau Singkarak Tanah Datar

Terlihat di semenanjung sana ada beberapa tempat duduk berpeneduh dan ada sepasang manusia yang tengah menikmati panorama danau. Tempatnya memang cocok untuk bercengkerama atau memancing ikan.

Danau Singkarak Tanah Datar

©2020 aroengBinang