Foto Candra Naya 2

aroengbinang.com - Poster yang ditulis dalam dua bahasa, berisi riwayat bangunan Candra Naya (Asosiasi Xinming). Gedung ini telah mengalami pergantian kepemilikan beberapa kali, dan digunakan untuk bermacam kegiatan sosial kemasyarakat yang salah satunya melahirkan perguruan tinggi dan rumah sakit yang hingga kini masih ada.

gedung candra naya jakarta

Lukisan foto Khouw Kim An setelah ia naik pangkat menjadi mayor pada 1910. Pangkat yang cukup jarang diberikan oleh pemerintan kolonial kepada orang Tionghoa dan orang pribumi. Karena itulah Candra Naya dulu disebut sebagai Rumah Mayor.

khouw kim an gedung candra naya jakarta

Khouw Kim An saat masih berpangkat kapten pada 1908, setelah tiga tahun sebelumnya ia diberi pangkat letnan oleh Belanda. Pemberian kepangkatan kepada seseorang oleh pemerintah Belanda tentu dilihat dari sumbangan orang tersebut bagi pemerintah kolonial, baik berupa uang atau pengaruh immaterial lainnya. Perhatikan bahwa lencananya tidak berbeda dengan lencana pada foto sebelumnya.

gedung candra naya jakarta

Struktur kayu langit-langit dan ragam hias bagian dalam Candra Naya berupa buku, kecapi, papan catur dan gulungan lukisan yang menjadi perlambang bahwa pemilik rumah adalah seorang cendekiawan kaya. Tidak ada benda menarik yang disimpan di dalam ruangan ini. Hanya terlihat banyak dudukan kayu dimana nantinya diletakkan keramik-keramik Cina yang akan dipamerkan. Selain sebagai tempat pameran, di ruang ini juga kadang diselenggarakan pertunjukan Wayang Potehi.

gedung candra naya jakarta

Foto yang memperlihatkan ornamen pada tembok samping atas bangunan utama Candra Naya, ornamen pada dinding krepus, dan patung ayam dengan ekor hijau bulu kuning dan jengger merah dengan lukisan di permukaan tembok lengkung bawahnya. Pada krepus atap penghubung bangunan utama dengan bangunan sayap juga ada ragam hias dan relief burung Hong.

gedung candra naya jakarta