Foto Candi Tegowangi 6

Relief bagian kiri dari relief sebelumnya. Moral lainnya dalam kisah Kakawin Sudamala adalah bahwa dewa dewi pun bisa melakukan kesalahan, dan mereka harus menjalani hukuman atas kesalahannya itu. Untuk menyempurnakan hukuman dan agar kembali lagi ke harkatnya semula, maka semua noda dan hal buruk yang melekat harus dibuang, dan untuk itulah ritual ruwatan dilakukan.

candi tegowangi kediri

Relief bagian kanan dari relief sebelumnya. Mengapa Sadewa dipilih sebagai tokoh utama dalam Kakawin Sudamala adalah mungkin karena ia dianggap paling bijak diantara saudara-saudaranya yang lain. Yudistira menyebut Sadewa lebih bijak daripada Wrehaspati yang adalah guru para dewa. Sadewa juga seorang ahli perbintangan hebat yang bisa meramal kejadian di masa depan, namun ia dikutuk kepalanya akan terbelah bila membeberkan rahasia takdir.

candi tegowangi kediri

Candi perwara di sisi tenggara yang masih belum sepenuhnya direstorasi. Ada relief seperti orang bermain seruling dengan seekor kucing atau anjing di dekat kakinya. Ada pula relief orang menggendong gajah kecil, dan di bagian bawah ada relief naga dengan mulut menganga dan mata melotot marah.

candi tegowangi kediri

©2020 aroengBinang