Foto Candi Tegowangi 5

Bagian sebelah kiri dari relief sebelumnya. Sementara itu di peperangan, Arjuna kewalahan menghadapi raksasa Kalantaka dan Kalanjaya. Panah sakti yang menghujani tubuh raksasa itu tak mampu menembus badannya. Bima yang datang membantu juga tak sanggup menghadapi mereka dan mundur dari peperangan. Maka majulah Sadewa dan Nakula ke medan pertempuran, dan berhasil membunuh Kalantakan dan Kalanjaya, yang menjelma kembali menjadi Citrasena dan Citanggada.

candi tegowangi kediri

Bagian sebelah kanan dari relief sebelumnya. Sadewa menjadi tokoh sentral dalam Kakawin Sudamala, karya sastra berbahasa Jawa Kuna peninggalan Kerajaan Majapahit. Naskah ini bercerita tentang kutukan yang menimpa istri Batara Guru bernama Dewi Uma, karena tidak setia dan berselingkuh dengan Batara Brahma. Sadewa adalah yang termuda dari Pandawa Lima, bersama saudara kembarnya Nakula. Nakula lebih tampan, namun Sadewa lebih pintar dan lebih bijaksana.

candi tegowangi kediri

Relief Sudamala pada dinding candi berikutnya. Salah satu moral cerita dalam Kakawin Sudamala adalah penghormatan dan kepatuhan Sadewa yang tanpa batas kepada Kunti dan bersedia menjadi tumbal bagi keselamatan saudara-saudaranya. Meskipun permintaan Kunti kepada Sadewa itu bukan atas kemauannya, namun karena ia dirasuki oleh Kalika.

candi tegowangi kediri

©2020 aroengBinang