Foto Candi Tegowangi 1

Relief Candi Tegowangi Kediri ini merupakan sebagian dari relief Kakawin Sudamala yang berisi cerita tentang ruwat (pensucian) Dewi Durga dari bentuk raseksi jelek dan jahat menjadi Dewi Uma dalam bentuknya yang cantik jelita dan baik. Ritual pensucian ini dilakukan oleh Sadewa, bungsu dari Pendawa, dengan bantuan Betara Guru.

candi tegowangi kediri

Tengara nama candi dipasang di halaman pinggir jalan, yang saat itu sudah terlihat menua, serta di sisi sebelah kanan di area dekat dengan candi. Di halaman Candi Tegowangi Kediri yang cukup luas ini terdapat sejumlah arca, diantaranya adalah arca Parwati, dan Ardhanari. Dewi Parwati dianggap sebagai pasangan kedua dari Dewa Siwa, yang merupakan ibu dari Ganesha dan Kartikeya (Skanda). Dewi Parwati juga dihormati umat Hindu sebagai perwujudan dari Sakti atau Durga.

candi tegowangi kediri

Meskipun sederhana, namun keberadaan papan informasi seperti ini sangat membantu bagi pejalan yang berkunjung. Meskipun informasi tentang candi bisa saja diperoleh melalui internet, hanya saja info di tempat bisa memberi prespektif informasi yang berbeda.

candi tegowangi kediri

©2020 aroengBinang