Foto Candi Plaosan Kidul 1

Salah satu candi perwara di Candi Plaosan Kidul, dengan pipi tangga yang pendek sepanjang dua undakan, tidak sampai menyentuh ujung bawahnya. Belum diketahui apakah ada candi induk di sini, sebagaimana Candi Plaosan Lor, karena bekas-bekasnya nampaknya belum lagi ditemukan.

candi plaosan kidul klaten

Beberapa candi perwara Candi Plaosan Kidul yang telah selesai dipugar, dikelilingi oleh tumpukan batu-batu reruntuhan candi perwara yang jumlahnya tak terhitung masih menunggu untuk dikerjakan. Jauh di latar belakang adalah Candi Plaosan Lor.

candi plaosan kidul klaten

Pemandangan sebagian reruntuhan candi-candi perwara di Candi Plaosan Kidul yang jumlahnya tak terhitung itu dengan latar candi yang telah dipugar.

candi plaosan kidul klaten

Jika melihat bentuk-bentuk batu yang terserak, nampaknya hanya ada batu-batu penyusun candi yang berbentuk persegi. Batu-batuan yang berisi relief tampaknya disimpan di tempat lain, yang bisa dimaklumi mengingat kondisi Candi Plaosan Kidul yang terbuka.

candi plaosan kidul klaten

Relung tempat arca di Candi Plaosan Kidul yang dibiarkan kosong. Tampaknya disengaja untuk alasan keamanan, jika pun arcanya memang masih ada. Saya juga tidak menemukan di bagian mana terdapat arca Tathagata Amitabha, Vajrapani serta Prajnaparamita di Candi Plaosan Kidul ini, atau mungkin semuanya masih disimpan di BP3 Yogyakarta.

candi plaosan kidul klaten

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.