Foto Candi Kedulan 2

Relung arca kosong pada sisi lain candi induk Candi Kedulan dengan Kala Makara yang telah terpasang utuh. Berbeda dengan Candi Sambisari, pipi undakan di kompleks percandian Candi Kedulan ini bukan hanya ada di candi utama, namun juga ada di candi perwara, dimana terdapat ukiran burung di dalam mulut ular di ujung bawah pipi undakan.

Candi Kedulan Sleman Yogyakarta

Hasil rekonstruksi sementara bagian puncak Candi Kedulan. Lumut yang mulai tumbuh pada batuan candi memberi indikasi bahwa cukup lama batuan candi itu tidak disentuh oleh tangan manusia. Tampaknya pekerjaan restorasi Candi Kedulan telah terhenti sejak 2010.

Candi Kedulan Sleman Yogyakarta

Tampak ujung pipi undakan Candi Kedulan dengan ukiran burung di dalam mulut ular, serta di buah arca Kala Makara. Pada 2003 di lokasi Candi Kedulan ditemukan Prasasti Pananggaran dan Prasasti Sumudul, yang ditulis dalam huruf Palawa dan Bahasa Sanskerta. Isinya adalah pembebasan pajak tanah di Desa Pananggaran dan Parhyangan untuk digunakan bagi pembuatan bendungan dan saluran irigasi, serta pendirian Tiwaharyyan, bangunan suci di jaman Kerajaan Mataram Kuno yang diduga adalah Candi Kedulan ini.

Candi Kedulan Sleman Yogyakarta

©2020 aroengBinang