Foto Candi Barong

Dua bangunan Candi Barong Sleman Yogyakarta di teras pertama itu masing-masing berukuran 8,18 x 8,18 m, dengan tinggi 9,05 m, sedangkan bangunan di depannya adalah gapura masuk ke lantai atas. Agak aneh ketika melihat kedua candi ini karena mestinya ada satu candi lagi di sebelah kiri, sehingga simetri. Melihat bentuknya, kemungkinan kedua candi itu adalah candi perwara, dengan candi utama ada berada di depan atau di belakangnya.

candi barong sleman yogyakarta

Memunggungi sisi depan Candi Barong, terlihat panorama alam yang menyegarkan mata. Hijaunya ladang dan sebuah perbukitan dengan gerumbul pepohonan yang rimbun.

candi barong sleman yogyakarta

Teras kedua Candi Barong ini cukup panjang dan lebar, dengan undakan pada ujungnya menuju teras pertama. Entah ada apa dahulu di area yang begitu luas ini. Boleh jadi ada sejumlah bale dan candi lainnya yang telah lenyap tak tentu rimbanya.

candi barong sleman yogyakarta

Relief Kala dan Makara di relung salah satu Candi Barong. Kala adalah dewa penguasa waktu, putera Siwa, merupakan simbol bahwa siapa pun harus tunduk pada waktu. Kala juga sering ditafsirkan sebagai penolak bala. Bentuk Kala yang menyerupai barong inilah yang kemudian memberi nama kepada candi ini. Hiasan relief sepasang binatang mitos yang berada di bagian bawah tiang relung pada foto di atas disebut Makara, yang biasanya juga ditemui pada ujung bawah pipi undakan candi.

candi barong sleman yogyakarta

Penampakan pada bangunan Candi Barong dilihat dari sebuah sudut yang memperlihatkan pola simetri candinya. Penataan Candi Barong ini memusat ke belakang yang berbeda dengan candi-candi lain di wilayah Prambanan yang memusat ke tengah.

candi barong sleman yogyakarta

Sebuah relief di Candi Barong berupa wujud raksasa yang disebut Gana. Wujud Gana pada candi selalu berada dalam posisi duduk dengan kedua tangan menyangga. Gana adalah pelayan Shiwa yang dipilihkan oleh Ganesha, anaknya.

candi barong sleman yogyakarta

Hiasan Makara pada gapura Candi Barong yang masih terlihat sangat cantik dan relatif utuh. Pada gapura paduraksa pintu utama biasanya adalah kori agung dengan ukiran kayu yang halus dan anggun, diapit oleh dua gapura lain yang ukurannya lebih kecil.

candi barong sleman yogyakarta

©2020 aroengBinang