Foto Bunaken

Memasuki area Pulau Bunaken pengunjung dikenakan tiket masuk di Pos Pembayaran Tiket. Untuk wisatawan asing sebesar 50 ribu rupiah per satu kali kunjungan atau 150 ribu pertahun, untuk wisatawan domestik 2.500 rupiah, dan seribu rupiah bagi pelajar dan mahasiswa.

taman nasional laut bunaken manado

Pantai Pulau Bunaken di pagi hari yang cerah. Pantai Bunaken berpasir coklat. Pantainya bersih dan terawat. Tiba di Pulau Bunaken, suasana masih sangat sepi. Hanya terlihat beberapa orang saja. Tampaknya kita pengunjung pertama yang datang pada hari itu.

taman nasional laut bunaken manado

Ikan Badut Menyambut Kita di Taman Laut Bunaken di lokasi kedua yang lebih menarik. Terumbu karangnya bagus-bagus dan ikannya beraneka. Kondisi bawah laut Bunaken sangat unik, kurang lebih 100 meter dari garis pantai posisi dasar lautnya mendatar dengan keragaman terumbu karang, selepas itu langsung tebing curam, tanpa ada kemiringan sebelumnya.

taman nasional laut bunaken manado

Keanekaragaman Binatang Laut Taman Laut Bunaken. Di batas antara posisi mendatar dengan tebing, tumbuh terumbu karang berwarna-warni. Bunga karang yang paling banyak di Taman Nasional Laut Bunaken berbentuk spons dan bulu karpet. Di sini ikannya senang kue kering, jadi bekal kue dan pisang yang kami bawa dari pantai langsung habis mereka makan tanpa sisa.

taman nasional laut bunaken manado

Aneka Bunga Karang di Taman Laut Bunaken. Tengah hari, karena kami sudah kehabisan tenaga. Kami memutuskan kembali ke pantai untuk makan siang dan akan kembali berenang setelah makan. Sampai di pantai ternyata sudah ramai. Grup wisatawan ramai berdatangan, kontras dengan suasana tadi pagi.

taman nasional laut bunaken manado

Pesona Gunung Lokon diambil dari Laut Bunaken. Adalah Pak Ojong yang tiba-tiba mengejutkan saya dengan menunjuk Gunung Lokon yang kembali mengeluarkan asap. Sehari sebelumnya, saya ke Manado dari Tomohon sekitar ½ jam sebelum Gunung Lokon mulai berasap. Namun saat itu langit sudah gelap sehingga asapnya tidak begitu kelihatan. Ternyata di perjalanan pulang dari Taman Nasional Laut Bunaken malah saya bisa melihatnya. Senangnya bisa melihat fenomena alam dari Laut Bunaken.

taman nasional laut bunaken manado

Bunga Karang Berbentuk Spons.

taman nasional laut bunaken manado

©2020 aroengBinang