Foto Bukit Kasih 1

Tugu Bukit Kasih Minahasa setinggi 22 m berdiri di tengah kaki bukit dilihat dari atas pinggang gunung dimana bangunan tempat ibadah berada. Tugu bersegi lima yang melambangkan agama utama di Indonesia ini pada sisinya dipahat relief dan tulisan ajaran agama. Tulisan pada tugu Bukit Kasih itu berbunyi "Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammasam Buddhasa (Terpuji Sang Bhagava Yang Maha Suci yang telah mencapai Penerangan Sempurna), dan "Tidak melakukan segala bentuk kejahatan; Senantiasa mengembangkan kebajikan; dan membersihkan pikiran; Inilah ajaran para Buddha".

bukit kasih minahasa sulawesi utara

Dua orang pengunjung tampak tengah memandang ke sumber air panas yang ada di lembah di bawahnya. Kami mampir ke sumber air panas itu setelah turun dari puncak lereng bukit melewati Jalan Salib dan melihat bagaimana seorang penduduk merebus telur di sana, namun tak sempat berendam kaki untuk menghilangkan pegal.

bukit kasih minahasa sulawesi utara

Salib raksasa ini posisinya berada di sebelah kiri atas dari dataran di lereng Bukit Kasih dimana kelima bangunan tempat indah berada. Akses ke tiang salib itu terlihat mengular yang sebagian tertutup gerumbul pepohonan.

bukit kasih minahasa sulawesi utara

Beginilah posisi salib raksasa itu terhadap bangunan tempat ibadah, dengan ketinggian lebih dari dua kali lipat, dan ukuran besarnya tiang bisa diperbandingkan dengan lebar bangunan gereja yang berada di posisi paling kiri.

bukit kasih minahasa sulawesi utara

Bangunan segi empat dengan atap kubah berdinding terbuka dan bercat putih di atas bukit kecil ini tampak cantik dengan akses undakan yang lebar. Namun kami tak berkunjung ke sana, dan hanya melihat dari kejauhan saja.

bukit kasih minahasa sulawesi utara

©2020 aroengBinang