Foto Boen Hay Bio 4

aroengbinang.com - Kelenteng Boen Hay Bio juga memiliki grup seni Barongsay, yang biasanya muncul ketika ada perayaan di kelenteng Boen Tek Bio dan kelenteng besar lainnya, atau ketika berlangsung upacara peringatan ulang tahun Kelenteng Boen Hay Bio sendiri. Peralatannya terlihat diletakkan di pinggir ruangan, merapat pada tembok.

kelenteng boen hay bio tangerang

Jika di kelenteng biasanya ada arca atau lukisan sepasang naga berebut mustika, maka di bagian depan meja altar utama Kelenteng Boen Hay Bio ini terdapat lukisan kaca patri seekor Burung Hong / Phoenix yang tengah bertarung dengan seekor naga untuk memperebutkan mustika.

kelenteng boen hay bio tangerang

Tuan rumah Kelenteng Boen Hay Bio adalah Kongco Kwan Kong (Kwan Seng Tee Kun) atau Satyadharma Bodhisattva. Kwan Kong dipuja karena keteladanannya sebagai kesatria sejati yang selalu menepati janji, setia pada sumpah, dan jujur. Ia juga dipuja sebagai Dewa Pelindung Perdagangan, pelindung kesusastraan, dan pelindung rakyat dari malapetaka akibat peperangan.

kelenteng boen hay bio tangerang

Pandangan dekat pada lukisan kaca patri yang menggambarkan Fenghuang atau burung Hong yang di Barat dikenal dengan nama Phoenix. Dalam tradisi Tiongkok kuno, burung hong dan naga sering digunakan pada ornamen pesta pernikahan oleh sebab keduanya merupakan pasangan yin dan yang, sebagai lambang hubungan suami dan istri.

kelenteng boen hay bio tangerang

Pandangan samping pada ruang dan altar utama Kelenteng Boen Hay Bio yang memperlihatkan dua lampion tegak berbentuk drum terbalik, sepang pilar naga, kaca patri burung hong berebut mustika dengan naga, serta bedug di ujung ruangan.

kelenteng boen hay bio tangerang