Foto Benteng Vastenburg 1

Pada tembok di ujung kanan lorong Gerbang Benteng Vastenburg menempel sebuah prasasti dalam ukuran cukup besar yang menyebutkan bahwa Benteng Vastenburg selama revolusi fisik merupakan basis Batalyon IV/Pulanggeni Res I Div X sebagai hasil pilihan rapat berdasarkan maklumat pemerintah tgl 5 Oktober 1945 tentang pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Benteng Vastenburg Solo

Pandangan pada sisi sebelah kiri Benteng Vastenburg dengan parit pertahanan yang sempit berada sekitar 2 meter di bagian depannya. Entah memang paritnya sependek dan sedangkal itu atau sudah mengalami perubahan dari kondisi aslinya.

Benteng Vastenburg Solo

Salah satu dari arca Dwarapala yang diletakkan di sebelah kanan gerbang benteng yang saat itu sudah memerlukan pembersihan dan perawatan. Arca semacam ini biasanya diletakkan di depan sebuah bangunan suci sebagai penjaga dan pelindung terhadap roh jahat, serta sebagai pengingat agar orang membersihkan pikiran sebelum masuk ke dalam bangunan.

Benteng Vastenburg Solo

, seorang pejalan musiman yang berterima kasih untuk kunjungan dan dukungan Anda. Diperbarui: October 03, 2020. Label: .
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Subscribe
©2020 aroengbinang