Foto Beji Kuwarasan

Lubang sumur Situs Beji Kuwarasan berbentuk bulat dan garis tengahnya boleh dibilang kecil. Di bawah lubang yang ada di bagian sebelah atas, masih ada lagi lubang di bawahnya yang lebih kecil lagi, seukuran paralon dengan diameter yang lumayan besar.

beji kuwarasan kebumen

Beji Kuwarasan saat lubangnya telah ditutup kembali dengan batu. Ada cerita mistik di seputar Situs Beji Kuwarasan. Sebagian terkait dengan batu penutup Beji, dan air Beji yang tak pernah kering meski pada musim kemarau. Hanya saja tak semua orang bisa mengambil air yang ada di Beji, bergantung pada niatnya. Jika saja bertemu dengan tetua Dukuh Kuwarasan mungkin ada lagi cerita mistik menarik lainnya.

beji kuwarasan kebumen

Rohmat berdiri di atas batu berukuran raksasa yang entah dimana dasarnya. Sungguh menakjubkan bahwa dari dalam batu raksasa di atas lereng perbukitan itu bisa keluar mata air.

beji kuwarasan kebumen

Beji Kuwarasan dengan tutup batu di atasnya. Batu itu tampaknya sengaja diletakkan di atas lubang sebagai pelindung agar tidak ada kotoran, baik debu maupun sampah dedaunan terbang, yang masuk ke dalam sumur.

beji kuwarasan kebumen

Pemandangan pada Situs Beji Kuwarasan dilihat dari area sebelum kami meloncat turun kembali ke lintasan undakan yang menuju ke Makam Ki Bodronolo jika ke kanan, dan ke Bendung Kuwarasan jika ke arah kiri.

beji kuwarasan kebumen

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.