Foto Ban Hing Kiong 3

Meriam lainnya yang ada di lantai tiga Kelenteng Ban Hing Kiong dengan bentuk yang sangat antik namun kondisinya sudah karatan dan terlihat tak dirawat. Jika dibiarkan terus seperti itu maka kondisinya bisa memburuk. Dengan pengecatan yang baik saya kira sudah akan sangat membantu menjaganya dari karat dan kerusakan.

kelenteng ban hing kiong manado sulawesi utara

Sebuah prasasti yang dibuat pada 10 September 1994 berisi riwayat Kelenteng Ban Hing Kiong, yang disebut sudah ada jauh sebelum bangunan fisiknya berbentuk permanen pada tahun 1819. Kelenteng mengalami pemugaran pada tahun 1854-1859, 1895-1902, 1971-1972. Peresmian kelenteng dilakukan dengan tata upacara Po Pwe Upacara Sembahyang Besar pada Imlek 2545-08-05.

kelenteng ban hing kiong manado sulawesi utara

Deretan patung para dewa di Kelenteng Ban Hin Kiong dengan lampu-lampu penerang serta patung Dewa Harimau yang biasanya diletakkan di kolong altar Hok Tek Ceng Sin bersama Dewa Naga. Patung adalah benda mati, namun spirit dan teladan dari tokoh yang diwujudkan dalam bentuk patung itu yang dipuja untuk mendapat berkah rejeki dan kebahagiaan dalam hidup.

kelenteng ban hing kiong manado sulawesi utara

©2020 aroengBinang