Foto Ban Hing Kiong 1

Tiga patung dewa di Kelenteng Ban Hing Kiong Manado Sulawesi Utara yang terbuat dari keramik dengan detil indah yang masing-masing menggendong seorang bayi dengan raut wajah cerah dan menyejukkan. Mereka adalah Hok Lok Soe yang berarti Rejeki Bahagia Umur panjang. Ho Lok Soe adalah dewanya para pengikut Tao yang terdiri dari tiga, yaitu Fu Shen (dewa rejeki / kekayaan, menggendong anak kecil, paling kanan), Lu Shen (dewa kebahagiaan / keturunan, tengah) dan Shou Shen (dewa panjang umur, kepala botak berjanggut putih). Beberapa patung dewa ini dan beberapa ornamen di Kelenteng Ban Hing Kiong didatangkan dari daratan Cina.

kelenteng ban hing kiong manado sulawesi utara

Foto di atas memperlihatkan undak di teras dengan ornamen bunga yang merupakan bagian masih asli dari Kelenteng Ban Hing Kiong Manado yang dipertahankan sampai sekarang. Kelenteng ini memang telah mengalami perbaikan dan renovasi beberapa kali sehingga berbentuk seperti sekarang ini, karenanya sulit untuk menemukan lagi bagian mana yang masih asli.

kelenteng ban hing kiong manado sulawesi utara

Sejumlah ornamen dan perlengkapan ibadah yang berada di ruang utama Kelenteng Ban Hing Kiong Manado, dengan dominasi warna merah dan kuning. Sebuah hiolo (tempat untuk menancapkan batang hio yang dibakar setelah dipakai untuk sembahyang) tampak diletakkan menggantung di tengah ruangan. Sebuah penempatan hiolo yang tidak saya lihat di kelenteng lain.

kelenteng ban hing kiong manado sulawesi utara

Foto di atas adalah sebuah altar dengan ornamen patung orang suci dalam pakaian perang yang indah, mungkin Kwan Kong yang hidup di jaman Tiga Negara. Panglima perang yang masyhur, seperti Kwan Kong misalnya, Kaisar, atau pun orang yang dipercaya memiliki kelebihan atau kesucian semasa hidupnya, sering dipuja untuk mendapatkan berkah spiritual maupun berkah kehidupan. Foto yang di sebelah bawah mungkin altar Kong Tek Cun Ong, atau bisa juga altar bagi Thian Siang Seng Bo.

kelenteng ban hing kiong manado sulawesi utara

Altar Tri Nabi Agung, yaitu Lao Tze, Buddha dan Kong Hu Cu yang berada di lantai dua Kelenteng Ban Hing Kiong. Hiolo berwarna keemasan dengan detail ornamen yang indah terlihat menghiasi bagian depan altar ini. Ranting berdaun serta bebungaan juga dipasang di sana.

kelenteng ban hing kiong manado sulawesi utara

©2020 aroengBinang