Foto Balaikota Solo 1

Prasasti peresmian Gedung Balaikota Surakarta pada 23 Desember 2002 yang dilakukan oleh Megawati Soekarnoputri saat masih menjabat sebagai Presiden RI.

Gedung Balaikota Solo

Pintu depan Gedung Balaikota Surakarta yang terkunci. Di bagian atasnya tertulis dalam aksara Latin dan Jawa adalah "Pendhapi Gedhe Sala" yang artinya Pendopo Agung Solo. Solo atau Sala adalah nama lain Surakarta.

Gedung Balaikota Solo

Empat sakaguru Gedung Balaikota Surakarta yang menopang bagian tengah bangunan. Lampu-lampu gantung yang seluruhnya berjumlah 20 itu ikut memperindah dalaman bangunan. Gebyok pemisah menutup pintu belakang gedung yang mengarah ke kantor kerja Walikota Solo.

Gedung Balaikota Solo

Umpak Gedung Balaikota Surakarta dengan ornamen suluran dan dedaunan itu menyangga tiang-tiang kayu jati kokoh berukir indah dan dilapis kuningan keemasan dan pelat tembaga berukir.

Gedung Balaikota Solo

Susunan kayu ritmis dan konsentris pada langit-langit atap ditata sangat rapi dan memikat. Demikian pula ukiran pada puncak tengah langit-langit yang terlihat indah. Kaca-kaca warna-warni yang membawa cahaya ke dalam ruangan juga memberi kesan hidup.

Gedung Balaikota Solo

©2020 aroengBinang