Foto Arca Joko Dolog 1

Arca Joko Dolog Surabaya yang diletakkan pada sebuah alas berornamen daun berwarna keemasan. Sebelumnya arca ini terletak di atas tanah dan tanpa cungkup. Terdapat ukiran halus beraksara Jawa dalam bahasa Sanskerta pada alas duduknya, yang dipahat rapi dan masih terlihat sangat tajam. Tulisan itu dikenal sebagai Prasasti Wurare.

arca joko dolog surabaya

Sepasang arca ganesha dengan posisi kaki satu di depan menapak bumi dan satu lagi menekuk ke belakang, sementara satu tangannya memegang sebuah gada besar. Kedua arca ini tampaknya berfungsi sebagai arca penjaga, sebagaimana Gupala, karena berbeda bentuk dengan arca Dewa Ganesha, anak Siwa, yang bertangan empat dan kakinya biasanya pada posisi bersila.

arca joko dolog surabaya

Sisi sebelah kiri pada halaman area Arca Joko Dolog Surabaya ini terdapat taman dengan tumbuhan perdu yang hijau asri. Candi Bentar biasa digunakan sebagai pemisah antara jaba luar dan jaba tengah. Pemisah jaba tengah dan jaba jero jero biasanya berupa gapura paduraksa. Hanya saja tidak ada gapura itu di situs ini.

arca joko dolog surabaya

©2020 aroengBinang