Foto Air Panas Walini

Jalan masuk ke area pemandian Air Panas Walini Ciwidey Bandung. Papan luncur terlihat pada kolam renang air panas di sebelah kanan. Masuk ke dalam area terlihat kolam air panas untuk dewasa dan disebelahnya kolam air panas untuk anak-anak. Sekelompok pengunjung saat itu tengah menyelenggarakan acara bersama di kolam dewasa air panasnya.



Air Panas Walini Ciwidey Bandung terlihat memiliki kolam renang yang sangat jernih. Ketika saya secara sengaja mencoba mencelupkan tangan ke dalam air kolam, panas airnya yang sangat terasa nyaman membuat saya merasa sangat senang dan ingin rasanya mencebur ke dalamnya. Hanya saja kami tidak ada rencana untuk berendam saat itu.



Air Panas Walini Ciwidey pada ruang rendam tertutup. Yang membuat saya benar-benar gembira adalah airnya yang mengalir deras dari selang, begitu jernih, tidak tercium bau belerang, dan begitu terasa panasnya. Hanya saja jelas terlihat bahwa kamar mandinya sudah memerlukan perawatan.



Pangkalan ATV terlihat di sebelah kiri, dan tiang pancang serta kabel baja Flying Fox sepanjang 300 meter tampak di sebelah kanan. Itu adalah dua diantara cukup banyak permainan yang tersedia di sini. Ayunan dan sejumlah permainan anak lainnya juga bisa ditemukan di kawasan yang cukup luas ini.



Sebuah papan nama Air Panas Walini Ciwidey terlihat berada di dekat pintu masuk. Sebenarnya ada juga Air Panas Cimanggu yang berada tidak begitu jauh dari sini, namun kami melewatkannya secara tidak sengaja.



Area parkir Air Panas Walini Ciwidey luas, dengan latar Perkebunan Teh Ranca Bali dan perbukitan yang memberi suasana asri dan hawa yang sejuk. Hawa yang sejuk segar masih menjadi daya tarik utama bagi kawasan wisata di daerah Ciwidey, meskipun tidak lagi sesejuk dan sedingin beberapa puluh tahun yang silam.



Air Panas Walini Ciwidey menawarkan pula banyak permainan lain, seperti flying fox X-TREME (300 m, Rp.40.000), flying fox mini (Rp.10.000), ATV Tea Tour (2 km, Rp.75.000), Go Cart (Rp. 15.000 3 lap), ATV 90 cc (Rp.25.000 5 lap), motocross (50cc Rp.15.000 3 lap), trampoline (Rp.15.000) dan sepeda (Rp. 5.000 per 15 menit).



Kolam air panas untuk dewasa dan disebelahnya kolam air panas untuk anak-anak. Sekelompok pengunjung tampak tengah menyelenggarakan sebuah acara bersama di kolam dewasa Air Panas Walini yang membuat suasana sekitar menjadi lebih hidup.



Gubuk-gubuk beratap rumbia terlihat di area Air Panas Walini Ciwidey yang digunakan sebagai tempat beristirahat bagi pengunjung, menyantap bekal makanan, serta sebagai tempat berteduh ketika hujan turun.



Tiket masuk kolam II dan tiket masuk kamar rendam saat saya berkunjung ke sana. Boleh jadi sekarang sudah naik.



Deretan ATV yang siap dinikmati oleh pengunjung Air Panas Walini. Ada ATV Tea Tour (2 km, Rp.75.000), ATV 90 cc (Rp.25.000 5 lap), dan motocross (50cc Rp.15.000 3 lap.



©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.