Foto Air Panas Krakal 1

Beginilah keadaan ruang rendam VIP di Pemandian Air Panas Krakal Kebumen, dengan sebuah bathtub relatif bersih diletakkan di pinggir sebuah taman kecil dengan tembok belakang yang tinggi. Di sisi sebelah kanan ruangan rendam terdapat sebuah meja dan kursi yang juga bersih tempat untuk meletakkan barang-barang pribadi saat mandi. Air jernih terlihat mengalir deras dari kran yang cukup besar, sehingga bathtub yang lumayan besar itu cepat terisi penuh. Ketika saya mencelupkan kaki ke dalam bathtub untuk mulai berendam, panas airnya sangat terasa di kulit, namun tidak sampai membakarnya. Tak tercium bau belerang yang menyengat, sehingga ada kenyamanan saat berendam.

pemandian air panas krakal kebumen

Setelah selesai mandi saya sempat pergi ke bagian belakang Pemandian Air Panas Krakal dimana terdapat kolam dengan dua sumber mata air panas yang selalu keluar gelembung udara. Menandakan bahwa air panas jernih terus keluar dari kedua lubang bundar yang menyerupai sumur di kolam itu. Sebuah catatan menyebut bahwa mata air panas Krakal ini berasal dari formasi batuan Penosogan Karangsambung.

pemandian air panas krakal kebumen


Area bermain anak dan taman di bagian depan pemandian Air Panas Krakal, dengan pepohonan cukup besar dan rindang, tempat duduk semen, dan ayunan, serta jalanan paving blok. Di latar belakang terlihat pos jaga, dan di seberangnya terdapat lapangan yang luas.

pemandian air panas krakal kebumen

Area taman ini terlihat cukup rapi dan bersih, hanya saja tak banyak tanaman perdu dan bebungaan pendek di area ini sehingga kurang asri. Di sebelah kanan adalah awal dari deretan warung yang menjual berbagai makanan minuman.

pemandian air panas krakal kebumen

Ada pula panggung terbuka kecil dengan lukisan sepasang naga dan sepasang harimau loreng pada dinding belakangnya.

pemandian air panas krakal kebumen

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.