Arca Joko Dolog 10/10

Pada bagian bawah gunduk tanah di sebelah kanan ada struktur tumpukan batuan, mungkin bekas stana atau entah bekas apa. Pohon di dekatnya tampaknya dahulu merupakan pohon tua yang besar. Sebuah kendi gerabah diletakkan di atas tumpukan paving blok di belakang sebuah arca.

arca joko dolog surabaya

Di sebelah kiri pohon beringin yang sangat tua itu terlihat batu kehitaman menyerupai Lingga. Disebutkan dalam Nagarakretagama bahwa Kertanagara telah menguasai semua ajaran agama Hindu dan Buddha sehingga digambarkan bebas dari segala dosa.

arca joko dolog surabaya

Pemandangan pada puncak pohon beringin yang menaungi situs Arca Joko Dolog. Konon Kertanegara membuat patung ini dengan tujuan menghilangkan kutukan Mpu Bharada agar keinginannya mempersatukan kerajaan yang terpecah belah pada waktu itu bisa berhasil.

arca joko dolog surabaya

Arca Joko Dolog menjadi semacam oase budaya kuno untuk Kota Surabaya, yang tidak banyak memiliki benda peninggalan purbakala semacam ini. Luangkan waktu untuk mengunjungi Arca Joko Dolog jika anda kebetulan tengah berada di Kota Surabaya. Semoga saja anda tidak perlu melompati tembok karena sudah ada papan yang berisi nomor telepon penjaga yang bisa dihubungi.

arca joko dolog surabaya

« Sebelumnya | kembali ke tulisan