PhotoShop, Tutorial

Menggabungkan Empat Foto Dengan Photoshop Tanpa Pemisah Yang Jelas

Panduan yang berisi cara menggabungkan empat foto dengan Photoshop tanpa batas pemisah yang jelas ini adalah merupakan pelengkap dari tulisan sebelumnya yang memberi tips tentang cara menggabungkan dua buah foto dengan perangkat lunak yang sama.

Prinsip dasarnya sebenarnya sama saja apakah menggabungkan dua atau tiga atau lebih foto, namun orang kadang ragu untuk mencoba melakukannya sendiri. Entah enggan melakukan coba salah, atau karena alasan yang lainnya.

Di video berikut ini dijelaskan secara rinci, langkah demi langkah untuk menggabungkan empat buah foto. Dimulai dengan menggabungkan dua foto, lalu foto ketiga digabungkan, dan akhirnya menggabungkan foto yang keempat.

Jika sudah bisa menggabungkan empat buah foto, maka selanjutnya akan sangat mudah untuk menggabungkan foto kelima, keenam, dan seterusnya, oleh karena urutan langkah yang dilakukan sama saja dengan penggabungan foto sebelumnya.



Urutan langkah dasarnya adalah sebagai berikut:
  1. Unlock foto-1.
  2. Drag atau seret foto pertama ke seperempat bagian pertama bidang penggabungan, sambil menekan Shift agar foto tak bergeser ke atas atau ke bawah.
  3. Unlock foto-2.
  4. Seret foto-2 ke foto-1 sambil menekan Shift.
  5. Posisikan foto-2 di seperempat bagian kedua, dengan menyeretnya sambil menekan Shift.
  6. Ke Gradient Tool, pastikan di menu yang ada di kiri atas gradient-nya diset di Black, White.
  7. Pada Layer, klik foto-2, lalu buat Layer Mask.
  8. Seret kursor di bidang pemisahan foto.


Langkah yang sama dilakukan untuk foto ke-3, ke-4 dan seterusnya.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juli 16, 2020.