Solusi Battery Not Charging di MacBook Pro

March 06, 2019
aroengbinang.com - Harga baterai MacBook Pro cukup mahal, sehingga baik membaca solusi battery not charging di MacBook Pro ini sebelum buru-buru pergi ke toko penjual resmi Mac untuk mengganti baterai MacBook Pro Anda. Jika cara di bawah ini tidak juga menolong, maka bolehlah pergi ke service center Mac terdekat untuk mendapat bantuan.

Bagi kebanyakan pemiliknya, MacBook Pro sudah menjadi bagian keseharian hidup, dan oleh karena itu signal Battery Not Charging atau baterainya tidak mampu mengisi daya bisa membuat jengkel dan frustrasi. Hanya ketika sedang di jalan orang bisa lepas dari MacBook Pro-nya, apakah memakai iPhone atau ponsel Android.

Masalahnya adalah MagSafe untuk mengisi daya MacBook Pro Anda sepertinya tidak berfungsi. Indikator lampu yang mestinya berwarna oranye, tetapi masih saja berwana hijau atau malah mati yang berarti baterainya tidak sedang diisi. Atau, indikator cahayanya oranye, namun ikon baterai di MacBook Pro Anda menunjukkan tidak sedang diisi.

solusi battery not charging di macbook pro
Periksa MagSafe. Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mencari solusi Battery Not Charging di MacBook Pro Anda adalah memeriksa adanya kerusakan pada adaptor dan kabel di MagSafe yang bertugas untuk mengisi baterai laptop Anda.

Oleh sebab Anda bukan teknisi terlatih maka cara sederhana untuk mengetahui adanya kerusakan adalah dengan menggunakan MagSafe dari MacBook Pro lain yang ada di rumah. Jika ternyata bisa charging maka masalahnya ada pada MagSafe-nya.

Namun sebelum pergi ke toko untuk membeli yang baru, atau tak ada MagSafe lain di rumah, coba bersihkan terlebih dahulu port di kabel MagSafe dan juga port MagSafe yang ada di laptop. Gunakan tusuk gigi kayu, dan lakukan dengan hati-hati untuk menyingkirkan kotoran yang ada. Setelah bersih, coba pasang lagi.

solusi battery not charging di macbook pro
Kesehatan Baterai. Langkah berikutnya adalah memeriksa kesehatan baterai MacBook Pro, terutama jika Anda telah menggunakannya selama lebih dari 3 tahun. Setiap baterai memiliki batasan maksimum jumlah siklus charging, yang jika terlewati maka kesehatan baterai akan menurun drastis dan mungkin harus diganti dengan yang baru.

MacBook Pro keluaran tahun 2009 hingga 2018 memiliki jumlah siklus charging maksimum hingga 1000 kali. Untuk mengetahui sudah berapa banyak siklus charging MacBook Pro Anda, klik logo Apple () di sudut kiri atas, dan pilih System Information. Pada panel, Anda dapat melihat jumlah siklus saat ini dan kondisi baterai Anda: Normal, Replace Soon, Replace Now, atau Service Battery.

Setel ulang SMC. Jika MagSafe dan baterai masih dalam kondisi normal, maka Anda bisa mencoba mengatur ulang SMC (System Management Controller). Matikan MacBook Pro Anda, hubungkan MagSafe ke laptop dan sumber daya PLN, lalu tekan tombol Shift + Control + Option dan tombol power secara bersamaan selama sekitar 4 detik, kemudian lepaskan. Nyalakan MacBook Pro Anda dengan menekan tombol power.

Atur Ulang Baterai. Untuk mengatur ulang baterai, matikan MacBook Pro Anda lalu lepaskan baterai dari badan laptop. Setelah baterai dikeluarkan, tekan tombol power selama 5 detik dan pasang kembali baterai ke tempatnya. Selanjutnya nyalakan laptop Anda dengan menekan tombol power. Jika Anda belum pernah membuka MacBook Anda, sebaiknya membawa MacBook Anda ke Service Center resmi Apple untuk membantu Anda mengatur ulang baterai MacBook Pro Anda. Sumber: technobezz.com.
Lihat tulisan tentang: .
Penulis : Seorang pejalan musiman ...