Mobil Sport Listrik ini Mengisi Daya hanya dalam Lima Menit

Oleh Bambang Aroengbinang. March 07, 2019
Piëch, Sebuah perusahaan startup mobil listrik Swiss-Jerman yang berkantor pusat di Switzerland disebut akan meluncurkan Mark Zero, sebuah konsep mobil baru dengan baterai yang dapat diisi hingga 80 persen hanya dalam 4:40 menit, memakai sel khusus yang hampir tidak memanas selama fase pengisian atau pemakaian.

Piëch Mark Zero, yang diperkenalkan di Geneva Motor Show, akan menjadi mobil sport kelas atas dengan kap panjang dan desain dek pendek yang membuat model Ford Mustang dulu penjualannya sempat meledak. Salah satu pendiri perusahaan ini adalah Anton Piëch, cucu lelaki Ferdinand Porsche dan putra mantan boss Volkswagen, Ferdinand Piëch.

Mobil konsep yang dipamerkan di Jenewa ini ada kemiripan dengan desain Aston Martin yang dijual oleh perusahaan Inggris kepada pihak ketiga yang tidak disebutkan namanya sebesar $26 juta tahun lalu. Oleh karenanya ada spekulasi bahwa Piëch adalah sang pembeli misterius itu.

mobil sport listrik mengisi daya dalam lima menit
Piëch Mark Zero, credit: The Verge. Mobil ini memiliki tiga motor listrik 150 kW, satu unit asinkron yang menggerakkan roda depan dan dua unit sinkron yang menggerakkan roda belakang, dan jarak jelajahnya 500 km menggunakan standar WLTP. Mobil ini disebut memakai baterai yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Berikut ini adalah pernyataan pers perusahaan tersebut:

"Jenis sel khususnya hampir tidak memanas selama fase pengisian atau pemakaian. Arus yang jauh lebih tinggi dapat mengalir karena suhu sel hanya naik sedikit. Selain pengisian CSC konvensional, mode pengisian cepat memungkinkan waktu pengisian yang sensasional pendek, hanya 4:40 menit hingga 80% kapasitas baterai dengan tingkat pemulihan yang sangat tinggi. Karena penumpukan panas yang berkurang, baterai dapat didinginkan hanya melalui udara."

mobil sport listrik mengisi daya dalam lima menit
Piëch Mark Zero, credit: The Verge. Secara teori, kurangnya pemanasan selama pengisian berarti tidak perlu cairan pendingin untuk baterai, membuat berat mobil bisa kurang dari 2 ton. Namun ada yang skeptis dengan klaim pengisian cepat baterainya, sampai ada bukti independen tentang hal ini. Mitra baterai Piëch adalah Desten Group yang berbasis di Hong Kong, sedangkan mitra infrastruktur pengisian daya adalah Perusahaan Tgood Electric dari Qingdao, China.

Baterai pengisian cepat diklaim Piëch mirip dengan teknologi solid state Henrik Fisker yang diumumkan tahun lalu. Ini juga sangat mirip dengan teknologi supercapacitor / baterai yang ditemukan oleh Maxwell Technologies yang dibeli Tesla bulan lalu. Mark Zero akan mulai diproduksi pada tahun 2020 dan kemudian akan diikuti oleh sedan empat pintu dan juga mobil sport SUV.

Mark Zero disebut menggunakan rancangan yang "fleksibel dan terbuka," yang memungkinkan mobil ini bisa menggunakan berbagai sistem penggerak seperti listrik, hibrida, sel bahan bakar hidrogen, atau bahkan sistem penggerak yang lama.

The Verge mencatat bahwa Aston Martin menjual perkakas dan gambar desain untuk supercar Vanquish-nya. Namun pembeli misteriusnya tetap menjadi rahasia yang dijaga ketat, tetapi jika melihat kemiripan antara Mark Zero dan Vanquish maka Anda sudah bisa menebaknya. Sumber: theverge.com
Label : .

Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.