Gedung Sasana Kriya TMII Jakarta Timur

Oleh Bambang Aroengbinang. January 12, 2019
Pada suatu malam di bulan Maret kami sempat menghadiri sebuah perayaan pesta pernikahan putera seorang teman di Gedung Sasana Kriya TMII Jakarta Timur, dan mengambil beberapa foto untuk dokumentasi pribadi, siapa tahu bermanfaat bagi mereka yang tengah mencari informasi tentang gedung ini.

Gedung Sasana Kriya TMII Jakarta Timur tampaknya menjadi salah satu tempat pilihan yang diburu pasangan calon pengantin dan para orang tua yang hendak menyelenggarakan pesta pernikahan, selain Masjid At Tin, pelataran Museum Indonesia, dan gedung lainnya di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah.

Saat tiba di loket pintu gerbang Taman Mini Indonesia Indah, karena hendak menghadiri penikahan maka kami hanya membayar tiket kendaraan dengan menunjukkan undangan. Kadang ada pasangan pernikahan yang membayar dimuka seluruh tiket parkir mobil bagi tamunya, sehingga pengunjung sama sekali tidak mengeluarkan uang ketika masuk gerbang TMII.

gedung sasana kriya tmii jakarta timur
Tampak depan Gedung Sasana Kriya TMII Jakarta Timur pada malam hari ketika kami menghadiri undangan pernikahan itu, dilihat dari halaman gedung yang biasanya hanya digunakan sebagai area parkir kendaraan pengantin, keluarga dekat, dan tamu VIP.

Jika tamu undangan cukup banyak, apalagi ketika ada resepsi pernikahan di sekitar Gedung Sasana Kriya, umumnya memerlukan sedikit waktu untuk mendapatkan tempat parkir. Namun malam itu kami mendapat tempat parkir tidak begitu jauh dari halaman Gedung Sasana Kriya TMII Jakarta Timur, hanya perlu berjalan beberapa puluh langkah.

Setelah mengisi buku tamu dan memasukkan amplop sumbangan, kami mampir ke tempat foto yang disediakan bagi para tamu sebagai kenang-kenangan, selain cindera mata yang diberikan ketika tamu meninggalkan ruangan. Berfoto di awal kedatangan biasanya lebih singkat antriannya.

Ruangan utama tempat resepsi di Gedung Sasana Kriya TMII Jakarta Timur yang kami datangi malam itu memang terbilang luas, dengan dekorasi bertema dedaunan dan bunga yang bermandikan cahaya lampu. Meja makan utama ada di beberapa titik di tengah ruangan.

Di ujung pojok kiri rungan, sejajar dengan panggung pengantin, digunakan sebagai tempat untuk para musisi dan penyanyi yang menghibur para tamu ketika mengantri salaman dan menyantap makanan. Diantara panggung musisi dan panggung pengantin terdapat layar besar yang memperlihatkan live video di dalam ruangan resepsi.

Gedung Sasana Kriya TMII Jakarta diresmikan pada 20 April 1975 dan setelah mengalami renovasi total gedung ini diresmikan kembali oleh Ibu Tien Soeharto pada tanggal 19 April 1996. Arsitekturnya merupakan paduan unsur tradisional Jawa dan modern.

Awalnya Gedung Sasana Kriya menjadi tempat pameran tetap dan penjualan produk industri kecil Indonesia. Lalu pada tahun 2012, Gedung Sasana Kriya kembali mengalami perombakan total, dibuat menjadi gedung serbaguna, dengan arsitektur modern dan fasilitas lengkap dan diresmikan pada 8 Juli 2013.

Kini selain digunakan untuk pameran, peluncuran produk, pertemuan, dan seminar, Gedung Sasana Kriya juga digunakan sebagai tempat untuk menyelenggarakan pesta pernikahan, salah satu gedung yang bisa dikatakan termegah di wilayah Jakarta Timur.

Di Gedung Sasana Kriya TMII ada tiga ruangan yang bisa disewa untuk resepsi pernikahan, yaitu Sasana Kriya Grand Ballroom, Mandira BallRoom dan Carani BallRoom.

Grand Ballroom Sasana Kriya seluas 2.700 m2 mampu menampung 3.000 orang, sedangkan Mandira BallRoom seluas 1.500 m2 bisa menampung 1.500 orang, dan Carani Ballrom seluas lebih dari 1.000 m2 dapat menampung sampai 1.000 orang untuk resepsi pernikahan standing party.

Sasana Kriya TMII Jakarta

21 foto di gallery. Alamat : TMII, Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur 13560. Telp 021-29389422 / 021-29389421, Fax 021-29389420. Lokasi GPS : -6.303062, 106.891694, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Jakarta Timur, Hotel Melati di Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Timur.
Label : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.