Mengobati Sakit Pinggang

Sakit pinggang (lower back pain) lazim dialami banyak orang, terutama yang telah berumur lebih dari 50-an. Namun begitu, orang yang lebih muda juga bisa mengalaminya karena berbagai sebab. Tulisan ini dibuat untuk berbagi cara mengobati sakit pinggang, tanpa menggunakan obat, dan mungkin bisa sembuh tanpa perlu ke dokter.

Jika bisa sembuh tanpa minum obat, mengapa tidak. Oleh sebab seaman apa pun suatu obat, selalu ada efek sampingnya, yang tak mesti bisa segera terlihat atau terasakan oleh tubuh. Inilah yang terpikir ketika saya mengalami sakit pinggang cukup parah beberapa waktu lalu, sehingga tak buru-buru pergi ke dokter meski tak lagi membayar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Selama lima hari pertama saya berharap bahwa rasa nyeri itu sembuh dengan sendirinya secara alami, sebagaimana nyeri lengan berat yang dulu pernah saya rasakan. Nyeri lengan yang membuat tangan tak bisa diangkat itu sembuh dengan sendirinya setelah beberapa minggu tanpa diberi obat apa-apa. Namun tempaknya tak demikian dengan sakit pinggang.

Adalah dari seorang saudara saya mendapat tips cara mengobati sakit pinggang, berdasarkan pengalaman pribadinya yang telah menderita sakit ini beberapa kali. Ia mendapat tips dari seorang keponakan setelah melihat saudara saya itu duduk dengan gelisah oleh karena sakit pinggang yang dideritanya.

Sebelum mendapat tips dari keponakan, ia telah pergi berobat ke dokter umum sampai ke dokter syaraf, minum obat, di-rontgen, dan menjalani fisioterapi. Namun sakit pinggangnya tak kunjung hilang, sampai ia mendapat tips itu, mencobanya, dan sembuh. Setelahnya, beberapa kali ia mengalami sakit pinggang lagi dan selalu sembuh dengan menggunakan tips itu.

Inti dari tips cara mengobati sakit pinggang ini adalah melakukan peregangan pada pinggang bagian bawah, untuk mengurai urat yang terjepit atau memperbaiki posisi tulang agar kembali pada tempatnya.

Untuk meregang pinggang bagian bawah dilakukan dengan mengangkat badan menggunakan ringen atau palang dan membiarkan pinggang menggantung bebas tanpa ditahan yang membuatnya seperti ditarik karena terbebani oleh berat pinggang dan kaki. Ringen adalah dua cincin besi besar digantungkan pada palang yang biasa digunakan untuk angkat badan dan berakrobat.

Jika di rumah tak ada ringen atau palang, bisa menggantungkan badan dengan meletakkan kedua tangan pada kusen palang pintu yang ada di kamar tidur atau kamar mandi. Cara lainnya lagi adalah meletakkan dua buah kursi berdekatan, dan menggantung badan diantara kedua kursi. Yang penting adalah pinggang bagian bawah ditarik sendiri oleh berat tubuh bagian bawahnya.

Cara lain lagi untuk menyembuhkan sakit pinggang yang saya coba adalah tidur telentang di kasur spring bed, kedua tumit kaki mengait ujung kasur bawah untuk menahan badan dan kedua tangan meraih ujung kasur bagian atas hingga tubuh meregang.

Yang juga saya lakukan adalah telentang di atas spring bed, dan mengangkat satu kaki lalu meletakkan di sisi tubuh yang berlawanan. Ketika saya melakukannya dengan kaki kanan, terdengar suara 'klethuk' seperti tulang yang kembali ke tempatnya, dan setelah itu tubuh terasa lebih baik.

Lakukan peregangan bagian bawah tubuh dengan salah satu cara di atas selama beberapa kali dalam sehari, dan sakit pinggang akan hilang dalam waktu beberapa hari. Jika cara alami mengobati sakit pinggang ini tidak berhasil, pertimbangkan untuk mendapat pertolongan dari dokter orthopedy atau syaraf.

Untuk meringankan sakit pinggang, Anda bisa menggunakan koyo dan krim penghilang nyeri seperti Counterpain, Feldene Gel, atau obat-obat non-steroid topikal lainnya. Anda juga bisa minum jahe, membuat sendiri atau membeli siap seduh dalam bentuk sachet, yang membantu penyembuhan memar otot.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan untuk mencegah dan mengobati sakit pinggang adalah:
  1. Lakukan peregangan secara berkala. Jangan duduk sepanjang hari di kursi di depan meja kerja Anda.
  2. Duduk secara ergonomis, tak membungkuk ketika mengetik dan melihat layar komputer dan saat memakai mouse.
  3. Jaga selalu sikap tubuh sewaktu duduk, terutama jika lama duduknya.
  4. Bagi yang telah berumur, jangan mengangkat beban berat secara tiba-tiba. Selalu lakukan peragangan terlebih dahulu.
  5. Saat bangun tidur, lakukan peregangan ringan, jangan langsung bangkit. Bangun dengan pelan.
  6. Kurangi memakai high heels bagi kaum wanita.
  7. Jaga berat badan di kisaran ideal.

Saat masih sakit pinggang, jika hendak tidur maka tidurlah telentang dan letakkan bantal di bawah lutut dan kendorkan punggung. Tambah tumpukan bantal jika perlu sampai merasa nyaman. Silahkan mencoba, semoga sembuh.
Label : . Updated : December 03, 2018.
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Youtube.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!