Desa Tenganan Bali Aga

aroengbinang.com - Inilah desa adat natural di Bali, Desa Tenganan Bali Aga bagaikan menyaksikan Bali sesungguhnya, kampung unik yang bersandar di bebukitan yang rimbun pepohonan. Desa Tenganan Bali Aga kami kunjungi setelah bermalam di daerah Candi Dasa, tepatnya berada di daerah Karangasem. Lumayan jauh dari pusat kota, namun saya rasa penasaran untuk bisa mengunjungi Desa Tenganan Bali Aga, tempat yang sama sekali belum pernah saya datangi sebelumnya. Bulan Juli 2018 Bali sesekali turun gerimis tidak mengurungkan kami untuk berpetuangan ke pelosok Pulau Dewata.

Desa Tenganan Bali Aga , memang berbeda jauh debgan Desa Panglipuran yang berada di...jika Panglipuran desa adat yang lebih ke suasana bersih dan resik, maka di Desa Tenganan Bali Aga adalah Desa yang sangatlah tradisonal. Penduduk Desa Tenganan Bali Aga tidak terbawa perubahan zaman, mereka sangat taat pada adat dan tradisinya. Mempertahankan rumah adat Desa ini sangatlah tradisional karena dapat bertahan dari arus perubahan zaman yang sangat cepat dari teknologi. Walaupun sarana dan prasarana seperti listrik dan lain-lain masuk ke Desa Tenganan ini, tetapi rumah dan adat tetap dipertahankan seperti aslinya yang tetap eksotis. Ini karena masyarakat Tenganan mempunyai peraturan adat desa yang sangat kuat, yang mereka sebut dengan awig-awig yang sudah mereka tulis sejak abad 11 dan sudah diperbarui pada tahun 1842.

Penulis : Senang membuat catatan diri setiap perjalanan sekedar penghargaan atas apa yang dilihat dan dirasakan sebagai ritual ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta.(Jatuh cinta pada lembah, gunung dan pepohonan ). Follow aroengbinang ! Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.