Padang Surya Kencana Gunung Gede Pangrango

aroengbinang.com - Kenangan indah yang terekam dengan sempurna di ruang hati, sebuah tempat menakjubkan Padang Surya Kencana Gunung Gede Pangrango, entah kapan bisa datang lagu mengencani alamnya karena untuk menempuh ke Padang Suryakencana Gunung Gede tidaklah mudah harus mempersiapkan fisik yang baik apalagi usia semakin bertambah untuk mendaki gunung seperti Gunung Gede yang mempunyai ketinggian... di atas permukaan laut, cukup nge-ngosan, jika memang berniat harus dipersiapkan matang melalui proses latihan dan olah raga yang rutin agar tidak kaget. Tiga kali menikmati Suryakencana sangatlah beruntung, bagi saya Padang Suryakencana adalah tempat ajaib yang memanjakan pecinta alam dan membuat kecintaan terhadap Sang Maha Pencipta bertambah.

Catatan ini mengingatkan saya pada perjalanan masa lampau, mendaki gunung memburu sun rise yang jelita muncul di balik Pangrango dan menggapai awan. Upacara bendara di puncak Gede Pangrango dan mengheningkan cipta untuk alam semesta, mengundang air mata dan kekhusuan. Sebenarnya selalu kekurangan kata-kata yang melukiskan keindahan Padang Surya Kencana, tempat yang juga mempunyai aura magis dan tempat bercanda dengan awan. Beberapa kawan seperjalanan yang masih aktif mendaki gunung berujar, Suryakencana maaih seperti dahulu tidak ada yang berubah kerajaan Edellweis yang membuat berdecak kagum dan kabut laksana tirai yang menjaga bunga abadi di kerajaaannya.

Rute yang saya lalui dari Cibodas Bogor, perjalanan usai senja saat udara dingin mulai menusuk tulang. Untuk bisa mendaki ke Puncak Gunung Gede harus mengurus izin pendakian terlebih dahalu ke posko jaga, hal ini untuk mendata dan standar keamanan. Walaupun medan Gunung Gede tidaklah terlalu sulit, namun banyak yang tersesat. Saran saya jika akan mendaki janganlah mencari jalan baru, teraplah di rute yang sudah ada. Selain itu tidak merusak habibat di sekitar, karena kita bukanlah penakluk alam tapi pencinta alam.

Penulis : Senang membuat catatan diri setiap perjalanan sekedar penghargaan atas apa yang dilihat dan dirasakan sebagai ritual ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta.(Jatuh cinta pada lembah, gunung dan pepohonan ). Follow aroengbinang ! Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.