Banyumas, Baturraden, Danau, Jawa Tengah

Telaga Sunyi Baturraden

Sepanjang ingatan yang memendek, ini kali ketiga saya berkunjung ke Telaga Sunyi Baturraden Banyumas yang berada di pinggang Gunung Slamet, masih di dalam kawasan hutan wisata Baturraden, Banyumas. Kawasan wisata Telaga Sunyi ini berjarak sekitar 2,5 km dari depan atau sebelum pintu gerbang Wanawisata Baturraden, arah ke Timur Laut.

Perjalanan ke Telaga Sunyi Baturraden melewati pinggir padang rumput milik Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul Sapi Perah. Ini mengungkit kenangan sewaktu kelas-3 SMA, menjelang ujian akhir tahun 1977. Bersama seorang teman, kami ke Balai Besar ini untuk melihat proses inseminasi buatan pada sapi perah dan membuat tulisan tentang itu sebagai bagian tugas sekolah.

Setelah melewati padang rumput Balai Besar yang lebarnya tak kurang dari 425 meter itu jalanan mulai berkelok. Tak berapa lama kemudian kami melintas di depan Hotel Queen Garden yang ada di kanan jalan. Selanjutnya Adventure Forest di sebelah kiri sebelum akhirnya sampai di kawasan Telaga Sunyi Baturraden.

telaga sunyi baturraden banyumas

Gerbang masuk ke area Wisata Alam Telaga Sunyi Baturraden, dengan loket pembayaran tiket masuk sebesar Rp. 7.000 per orang berada di bilik di bagian kanan gerbang. Area parkir cukup luas, dikelilingi pohon-pohon Damar tinggi yang melindungi pejalan dari panas matahari. Udara pegunungan yang sejuk ramah menerpa ketika saya turun dari kendaraan.

Beberapa pendopo berukuran sedang tersedia di dekat tempat parkir, cukup memadai untuk berteduh ketika hujan turun. Lapangan rumput di bawah pepohonan, dengan beberapa buah permainan anak di dalamnya, tampak bersih dan terawat. Jalan setapak teduh diapit pepohonan tinggi kami lalui ketika menuju ke lokasi utama Telaga Sunyi Baturraden.

Jalan setapak itu kemudian berbelok ke kanan, melipir melawan aliran air di selokan kecil di sisi kanan jalan setapak yang airnya sangat jernih. Sementara di sisi kiri bawah adalah sungai yang meneruskan aliran air dari Telaga Sunyi Baturraden, dengan serakan batu gunung berukuran bberkunjung esar di sepanjang badan sungainya. Air sungai juga sangat bening.

Rekahan batu gunung berukuran besar ini berada di sebelah bawah Telaga Sunyi Baturraden, menjadikannya jalur aliran sungai yang menampung limpahan air dari telaga. Air yang mengalir sungguh jernih, bening tanpa cela, sehingga dasar batuannya terlihat sangat jelas. Bebatuan di sekitar sungai menjadi tempat nongkrong nyaman, dan bagus untuk foto selfi.

Kali kedua pergi ke tepian Telaga Sunyi Baturraden hanya ada sepasang muda-mudi yang tengah bercengkerama di tepian telaga yang berbentuk seperti kantung ini. Tempat yang hening sejuk ini membuat orang betah duduk berlama-lama, mengamati beningnya air di tengah suasana alam sekitar yang hening.

Lumut yang tumbuh di dasar sungai memberi pantulan warna yang elok pada air yang jernih ini. Lumut merupakan tumbuhan dari kelas paling bawah yang sangat tangguh dan ternyata mengandung banyak manfaat. Terbawah karena belum memiliki akar, batang, dan daun yang asli, dan tangguh karena bisa tumbuh pada kondisi alam yang ekstrem dan keras.

telaga sunyi baturraden banyumas

Bagian ujung Telaga Sunyi Baturraden yang air sungainya menciptakan bayangan cermin sempurna dan sekaligus tembus pandang sampai ke dasar saking bersih dan jernihnya, diapit serakan bebatuan besar di sisi kiri dan kanannya. Tebing pada ujung foto menjadi dinding curug kecil yang airnya jatuh ke dalam telaga.

Kali ketiga saya datang ke sini tak ada yang berubah, hanya saja tempat ini sedang agak ramai suasananya, oleh karena ada sejumlah penyelam tampak sedang berdiri menggigil kedinginan di tepian telaga. Ini pertama kalinya saya melihat ada orang dengan peralatan selam lengkap berada di pegunungan, bukan di taman laut dengan ikan warna warni dan karang yang elok.

Mereka baru saja menyelam ke dasar telaga yang dalamnya mencapai 5 meter ini, serta mengambil foto yang dipamerkannya ke sejumlah pengunjung. Air di sini memang sangat dingin, membuat pori-pori mengkerut dan seketika menyegarkan wajah saat dibasuhkan. Karena kedalaman dan dinginnya air Telaga Sunyi Baturraden inilah ada tanda larangan mandi di sini.

Kejernihan air bersemu hijau kebiruan ini sungguh luar biasa. Batuan di dasar sungai yang cukup dalam itu, setidaknya lebih dari tiga meter, bisa terlihat dengan sangat jelas. Meski baru saja diselam oleh orang-orang itu, namun air telaga tampak tak berubah, tetap saja begitu jernih dan sangat menawan.

Bebatuan di dasar telaga pun terlihat sangat tajam karena permukaan air Telaga Sunyi Baturraden juga amat tenang. Sungguh mempesona. Suasananya sangat alami, karena jika pun ada sentuhan tangan manusia pada jalan aksesnya namun masih tetap dibuat selaras dengan lingkungan sekeliling.

Sebuah kedung sungai terlihat di bawah aliran Telaga Sunyi Baturraden dengan air yang jernihnya sangat luar biasa, membuat siapa pun yang melihatnya pasti akan berdecak kagum. Keheningan suasana sekitar karena agak jauh dari jalur jalan dan kebeningan air yang mengagumkan merupakan dua diantara sekian kekuatan dan daya tarik tempat wisata alam ini.

Walau pun area di sekitar lokasi utama Telaga Sunyi Baturraden agak sempit, dengan sisi kanan telaga berbatas tebing, namun tersedia cukup banyak bebatuan di seberang sungai yang nyaman untuk nongkrong. Tak terlihat ada warung dan pedagang asong di tempat ini, karena lokasinya memang agak jauh dari permukiman dan sepertinya tak ada layanan angkutan umum reguler. Bagaimana pun lokasinya tak begitu jauh dengan Lokawisata Baturraden dimana terdapat pilihan warung makan yang cukup banyak.


Telaga Sunyi Baturraden

Alamat : Baturraden, Banyumas. Lokasi GPS : -7.3055106, 109.2425779. GPS Parkir: -7.3072026, 109.2431277, Waze. Harga tiket masuk : Rp. 10.000, sepeda motor Rp. 3.000. Hotel di Purwokerto, Hotel di Baturraden, Tempat Wisata di Banyumas, Tempat Wisata Kuliner Banyumas, Peta Wisata Banyumas.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juli 04, 2019.