Banyumas, Jawa Tengah, Kedungbanteng, Taman Air

Batur Agung Mount of Fun

Adalah karena memang melewati beberapa fasilitas Batur Agung Mount of Fun diantara Situs Batur Agung dan Situs Batur Rana, maka saya pun menyempatkan berhenti beberapa kali untuk melihat dan mengambil sejumlah foto. Taman tematik mini ini dibuat di sejumlah lokasi berdekatan dengan suasana dan pemandangan menarik.

Wisata keluarga Batur Agung Mount of Fun merupakan ide yang sangat baik, memanfaatkan kejernihan air Gunung Slamet untuk membuat taman air, kolam pancing dan arung jeram serta beberapa fasilitas lainnya, di tengah hawa pegunungan, dan didukung panorama alam yang indah. Flying fox merupakan salah satu fasilitas Batur Agung Mount of Fun yang bisa dinikmati pengunjung sebagai pilihan wisata selain Lokawisata Baturraden. Panjang lintasannya 125 meter, meluncur melewati kolam pancing dengan didampingi instruktur berpengalaman dan besertifikat. Selain itu ada pula ATV, panjat jaring, dan permainan outbound.

Berjalan kaki menyusur Kali Logawa dengan serakan batuan besar tampaknya juga menjadi kegiatan yang cukup mengasyikkan di Batur Agung Mount of Fun ini. Sebuah pembangkit listrik Mikrohidro sederhana dipasang di aliran air kali samping wahana taman air Batur Agung Mount of Fun, yang tenaganya cukup untuk menerangi beberapa buah titik lampu.

batur agung mount of fun kedungbanteng banyumas

Kolam pemancingan Batur Agung Mount of Fun yang lumayan luas. Kolam itu terlihat rapi dan terawat cukup baik, dengan latar keliling sawah terasering di perbukitan di kaki Gunung Slamet yang hijau dan elok. Jika tidak membawa peralatan pancing sendiri dari rumah, pengunjung bisa menyewanya di tempat dengan harga sewa cukup murah.

Sebuah dangau besar beratap rumbia dan dua dangau kecil disiapkan di sekitar kolam sebagai tempat istirahat dan berteduh. Meskipun terlihat kosong, namun ada dua orang yang tengah memancing ikan di sebelah kiri bawah pada foto. Lokasi flying fox berada di atas kolam pemancingan di sebelah kanan kolam pemancingan di atas.

Di beberapa tempat pemancingan ikan, seperti misalnya di Tempat Pemancingan Kronjo, pengelola menyediakan jasa penggorengan ikan, sehingga pengunjung yang telah mendapatkan ikan bisa punya pilihan untuk menyantap ikan segar di tempat, dengan nasi hangat dan sambal. Sisanya baru dibawa pulang. Setidaknya perlu menyediakan jasa seperti itu di setiap akhir pekan.

Batur Agung Mount of Fun bisa menjadi alternatif wisata bagi pejalan yang tengah berada di Kota Purwokerto dan sekitarnya. Lagi pula lokasinya sangat dekat dengan Situs Batur Agung, Situs Batur Rana, beberapa buah air terjun, bendung peninggalan Jepang, serta dam dan pipa air peninggalan Belanda, yang bisa dibaca pada tulisan berikutnya.

batur agung mount of fun kedungbanteng banyumas

Wahana Taman Air (Waterpark) Batur Agung Mount of Fun terletak terpisah dari fasilitas sebelumnya, lebih ke sebelah atas jalan dengan akses masuk berbeda, dan persis berada di sisi kanan Kali Logawa. Setelah melewati jembatan yang melintas di atas Kali Logawa, barulah terlihat tiket boks wahana taman air Batur Agung Mount of Fun ini.

Papan luncur dan kolam anak-anak dengan air pegunungan yang jernih bebas kaporit bisa dinikmati di wahana taman air Batur Agung Mount of Fun ini. Yang mungkin agak merepotkan adalah ketika musim hujan tiba, oleh sebab air sungai cenderung keruh, sehingga perlu ada proses pengendapan dan penjernihan air.

Debit air Kali Logawa kebetulan sedang rendah karena berada di ujung musim kering saat saya berkunjung, sehingga air kolam terlihat bening. Oleh karena debit air yang kecil pula maka kegiatan Arung Jeram Kali Logawa waktu itu dihentikan untuk sementara sampai debit air sungainya mencukupi untuk diarungi perahu karet.

Di area taman air Batur Agung Mount of Fun terdapat beberapa buah dangau tradisional berlantai papan kayu beratap rumbia, yang bisa dipakai pengunjung untuk bersantai sambil menikmati suasana sekitar. Selain pemandangan pegunungan dan hawa sejuk, cukup menyenangkan mendengar gemercik suara alir air Kali Logawa yang melewati sela bebatuan.

Meskipun di kota tentu sudah ada water park yang lebih dekat dan boleh jadi lebih lengkap dan lebih bagus, namun orang cenderung bosan dengan apa yang sudah ada, dan selalu ada keinginan untuk mencoba tempat yang baru, meski lokasinya sedikit lebih jauh, dan tak sebaik yang mereka biasa kunjungi.

Saya sempat mengambil foto awal dari permainan flying fox di Batur Agung Mount of Fun Kedungbanteng Banyumas yang cukup tinggi kelihatannya dan lumayan jauh juga melintasi kolam di bawahnya. Hanya di akhir pekan kelihatannya permainan ini dibuka, atau jika ada rombongan datang dan telah ada perjanjian sebelumnya.

Cara terbaik untuk berkunjung ke Batur Agung Mount of Fun adalah menggunakan kendaraan sendiri, namun bisa juga dicapai dengan naik angkutan umum. Pengunjung bisa berangkat dari Terminal Purwokerto naik bus jurusan Ajibarang, turun di Karang Lewas, dan lalu sambung angkutan pedesaan jurusan Desa Baseh Kedungbanteng.


Batur Agung Mount of Fun

Alamat : Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Telp 0281-7900472. Lokasi GPS : -7.33638, 109.18318, Waze. Hotel di Purwokerto, Hotel di Baturraden, Tempat Wisata di Banyumas, Tempat Wisata Kuliner Banyumas, Peta Wisata Banyumas.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Agustus 27, 2019.