Patung Pembebasan Irian Barat Jakarta Pusat

Lokasi Patung Pembebasan Irian Barat Jakarta berada di tengah-tengah Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, menghadap ke arah Barat Laut. Patung ini dibuat saat bangsa Indonesia tengah berjuang untuk membebaskan Irian Barat dari penjajahan Belanda pada 1962.

Ide awal pembuatan Patung Pembebasan Irian Barat berasal dari Soekarno ketika berpidato di Yogyakarta, dan kemudian dibuat sketsanya oleh Henk Ngantung. Pembuatan patung dari bahan perunggu ini kemudian dipercayakan pada Team Pematung Keluarga Area Yogyakarta dibawah pimpinan Edhi Sunarso.

Diperlukan waktu sekitar 1 tahun untuk menyelesaikan patung pemuda berambut keriting dengan wajah ekspresif setinggi 11 meter ini. Kedua tangannya patung terentang ke atas, masing-masing dengan rantai borgol yang telah putus. Peresmiannya dilakukan oleh Presiden RI Ir. Soekarno pada 17 Agustus 1963.

patung pembebasan irian barat
Sosok Patung Pembebasan Irian Barat Jakarta dengan tangan terentang dan sisa potongan rantai melambai melambangkan terbebasnya tanah Papua dari belenggu penjajahan. Namun pada kenyataannya, bertahun-tahun kemudian setelah bebas dari penjajahan, tanah Papua masih saja bergolak dan merupakan salah satu wilayah terbelakang di Indonesia.

Baru di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dilakukan pembangunan infrastruktur besar-besaran di Papua untuk mengejar ketertinggalannya dari daerah lain di Indonesia, meski pembangunan itu menghadapi tantangan berupa kondisi alam yang sangat berat. BBM satu harga juga baru dinikmati oleh rakyat Papua di jaman pemerintahan Jokowi.

Dulu, saya masih sering melihat diselenggarakannya pameran tanaman dan buah-buahan di pinggiran area Patung Pembebasan Irian Barat Jakarta. Setidaknya setahun sekali pameran semacam itu diselenggarakan, namun sudah cukup lama saya tidak melihatnya.

patung pembebasan irian barat
Siluet patung yang terlihat pada sore hari. Berat Patung Pembebasan Irian Barat mencapai 8 ton, berdiri di atas landasan setinggi 20 meter dari jembatan, atau 25 meter dari landasan bawah. Karena tingginya, patung ini menjadi semacam tugu selamat datang ketika bandar udara masih berada di Kemayoran.

Dua kaki tugu penyangga patung melambangkan Indonesia dan Belanda, dan perseteruannya dalam memperebutkan Irian Barat digambarkan pada bidang datar yang menjadi landasan kaki patung. Pelaksana pembangunan monumen diserahkan kepada PN Hutama Karya dengan arsitek FX Silaban. Monumen tersebut dirawat oleh Dinas Pertamanan DKI Jakarta.

Pada masa kampanye pilkada 2017 lalu beredar video yang menggambarkan konsep revitalisasi area di sekitar Patung Pembebasan Irian Barat Jakarta, yang direncanakan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama. Kini proyek itu telah selesai dikerjakan, menghasilkan karya yang sangat indah. Meski bukan Ahok yang meresmikannya namun namanya akan tetap dikenang sebagai penggagasnya, selain akan diingat sebagai gubernur terbaik yang DKI Jakarta pernah miliki.

Patung Pembebasan Irian Barat Jakarta

Alamat : Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Lokasi GPS : -6.17071, 106.835057, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Jakarta Pusat, Hotel Melati di Jakarta Pusat, Peta Wisata Jakarta Pusat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Pusat.
Author : . Updated :
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.

.