Pantai Delegan Gresik

Pantai Delegan Gresik adalah tempat terakhir di Gresik yang saya kunjungi pada hari itu. Setelah menyusuri Jalan Raya Daendels, kami belok ke kanan masuk ke Jalan Delegan pada GPS -6.91181, 112.45785, atau 2,3 km setelah belokan ke Bukit Surowiti. Pantai ini ada di ujung jalan yang panjangnya sekitar 2,3 km juga.

Kondisi Pantai Delegan Gresik cukup sederhana, meski sudah terlihat ada sejumlah usaha perbaikan dan menambah fasilitas di kawasan pantai Utara Jawa ini. Semoga saja kondisi saat anda berkunjung ke sana sudah jauh lebih baik lagi, dengan fasilitas pendukung yang lebih lengkap dan kebersihan yang terjaga.

Kawasan utara Pulau Jawa saya kira jarang yang memiliki pantai dengan kualitas air laut yang sangat baik, setidaknya tidak sebaik rata-rata air laut di kawasan selatan Pulau Jawa. Air laut di pantai ini juga tidak merupakan pengecualian karena tidak bisa dibilang jernih bening, namun tak pula bisa disebut sebagai kotor.

pantai delegan gresik
Bias sinar yang menyinari Pantai Delegan Gresik saat matahari sudah mulai condong ke barat. Kawasan ini memiliki garis pantai yang cukup lebar, meskipun tidak begitu panjang, dengan pasir putih relatif bersih, pepohonan peneduh lumayan rimbun, tembok rendah lebar licin yang bisa digunakan untuk duduk, serta beberapa buah payung dan amben.

Warung-warung makan dan minuman berada hanya beberapa langkah kaki dari tembok rendah yang memanjang di pinggiran pantai pada foto di atas. Saya sempat mampir duduk di salah satu warung untuk menikmati sebutir air kelapa muda yang segar, menggerumuti daging kelapanya, serta mengudap beberapa makanan kecil sambil menikmati suasana di sekitar pantai yang cukup ramai.

Tempat wisata Pantai Delegan tampaknya menyediakan perahu nelayan kecil yang bisa disewa pengunjung untuk menikmati panorama pantai dari arah laut. Namun mungkin karena sudah agak lelah setelah seharian berkeliling di sejumlah tempat di seputaran Gresik, saya tidak terpikir untuk mencoba mencari pemiliknya buat menyewa perahu.

Beberapa pengunjung tampak duduk santai di pinggiran pantai, sementara anak-anak bermain di air laut Pantai Delegan yang tenang. Ban-ban karet juga bisa disewa di area pantai, bagi mereka yang ingin mencebur ke air namun kurang pandai berenang. Air laut di Pantai Delegan cukup bersih. Tidak terlihat ada sampah mengambang di sana.

Saya menikmati pemandangan ketika seorang anak tengah menendang bola basket sebagai pengganti bola sepak. Pinggiran berpasir Pantai Delegan Gresik memang cukup lapang untuk bermain bola, terutama ketika pengunjung tidak terlalu banyak. Pada puncak acara tahun baru, pantai ini kabarnya bisa dikunjungi 15.000 orang, dan pada saat itu akan sulit untuk menemukan tempat bermain yang memadai.

Meski gelombang laut pantai terlihat jinak, sebagaimana sebagian besar pantai Laut Utara Jawa, namun keamanan pengunjung tetap harus diperhatikan dan dijaga. Terutama ketika musim liburan dan saat libur nasional. Ada baiknya dibuat gardu pengawas pantai yang tinggi untuk memantau keadaan untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Pemandangan lain yang menghibur adalah suara kecipak dan semburat air laut mengiringi di belakang kaki seorang anak yang tengah berlari riang di bibir Pantai Delegan Gresik. Pantai dengan bibir pantai landai ini tampaknya cukup bisa dinikmati oleh anak-anak, yang hanya ingin bermain-main di air laut yang tenang, tanpa terlalu membebani orang tuanya dengan ongkos yang mahal.

Pantai ini memiliki pasir putih lembut yang bersih, yang membuat anak-anak tidak segan untuk bergulingan di atasnya ketika menyambut air laut yang berkejaran di pantai. Ada pula panggung terbuka berukuran sedang, serta menara dengan seutas tali memanjang sepanjang garis pantai yang tampaknya digunakan untuk luncuran flying fox. Saat itu matahari telah agak rendah berada di ujung kiri pantai. Namun dengan adanya sebuah tanjung di sisi sana, tampaknya pengunjung tidak bisa melihat dengan mudah panorama langit saat-saat matahari tenggelam di cakrawala. Hanya ketika matahari telah bergeser ke arah kanan maka pemandangan senja bisa dinikmati di pantai ini.

Pantai Delegan Gresik merupakan pilihan yang cukup baik bagi keluarga yang membutuhkan hiburan murah di tepi pantai, meskipun harus puas dengan fasilitas dan lingkungan yang relatif sederhana. Semoga pantai ini terus berbenah, dengan tetap mempertahankan tiket masuk yang relatif murah agar bisa terus dinikmati oleh masyarakat luas. Sempatkan melihat 4 album (12 foto) Pantai Delegan lainnya, di sini.

Pantai Delegan Gresik

16 foto di sini. Alamat : Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Gresik Kabupaten, Jawa Timur. Lokasi GPS : -6.89229, 112.46682, Waze. Jam buka : sepanjang hari. Harga tiket masuk : Rp. 5.000, anak Rp. 3.000. Mobil Rp. 3.000, sepeda motor Rp. 2.000, bus Rp. 5.000. Rujukan: Hotel di Gresik, Peta Wisata Gresik, Tempat Wisata di Gresik.
Label : . Updated : September 10, 2018.
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Follow : Twitter, Facebook, Subscribe, Youtube.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!