Jakarta, Jakarta Timur, Museum, Taman Mini

Museum Indonesia

Hanya suatu kebetulan, karena melihat sebuah tengara nama di pinggir jalan, dan tertarik, sehingga kami mampir dan masuk ke Museum Indonesia TMII Jakarta. Namun ternyata obyek wisata budaya dan pendidikan ini adalah sebuah museum dengan ratusan koleksi bernilai tinggi nan cantik indah yang berada di bagian depan kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Mungkin karena lokasi yang tersembunyi sehingga tak pernah terlewati ketika sebelumnya ke TMII. Itu karena kami selalu melipir ke tempat yang ada di pinggiran jalan. Padahal museum yang dibangun atas prakarsa Ibu Tien Soeharto ini diresmikan Presiden Soeharto pada 20 April 1980.


Kami masuk melalui gerbang candi bentar di pintu Barat, dari area parkir utama TMII, membayar karcis masuk Rp. 10.000 per orang, dan lalu berjalan sekitar 100 meter untuk sampai di pintu masuk. Pintu masuk utama berada di sisi timur Museum Indonesia TMII Jakarta, dengan jarak yang lebih dekat ke gedungnya.

Tampak samping Museum Indonesia TMII Jakarta. Patung naga menghiasi jembatan masuk ke ruang museum, lambang jembatan yang dibuat pasukan wanara anak buah Raja Wanara Sugriwa, saat Rama menyerbu Alengka. Dalam kisah Ramayana versi Jawa, jembatan itu bernama Situbondo atau Situbondolayu yang dirancang Hanila, kera sakti berbulu biru tua anak angkat Batara Narada, penasihat dan tangan kanan Batara Guru, raja kahyangan versi pewayangan Jawa.

Kesibukan tengah berlangsung di pelataran depan, rupanya orang tengah menata meja makan serta sistem suara untuk acara resepsi pernikahan yang akan berlangsung malam itu. Gedung Museum Indonesia seluas 7.000 m2 ini berada di atas tanah 20.100 m2, sehingga ideal untuk sebuah pesta besar.

Museum Indonesia TMII menempati gedung elok bergaya Jawa Bali berlantai tiga, dengan latar depan potongan batang-batang pohon tua yang kini sudah sangat sulit dutemukan. Patung-patung cantik yang diambil dari kisah Ramayana juga menghias bagian depan serta di sekeliling gedung museum.

Kala

Relief Kala berukuran besar terpasang di atas pintu masuk Museum Indonesia TMII, dengan naga menjadi penghias pilarnya. Pintu museum berhias suluran dan bebungaan yang elok. Saat itu kursi jati berukir lengkap untuk resepsi sudah terpasang, siap menjadi tempat duduk pengantin. Dengan tata lampu, berhias relief Kala, arca, dan bias cahaya kolam, akan menjadi acara pesta pernikahan agung bak raja jaman dahulu.

Di lantai satu Museum Indonesia TMII terdapat gelaran lukisan peta Indonesia dengan motif batik mega mendung Cirebonan berjudul Citra Indonesia. Lukisan Garuda di sebelah kiri melambangkan dunia atas, menonjolkan unsur udara, awan, dan cahaya, yang disebut bapak angkasa.

Naga bersisik kemerahan yang kepalanya di sisi kanan menjadi perlambang dunia bawah, menonjolkan unsur air dan bumi, biasa disebut ibu pertiwi. Keduanya melambangkan perpaduan keseimbangan gerak alam yang saling bertentangan namun tak terpisahkan.

Bhinneka Tunggal Ika

Lantai satu Museum Indonesia TMII bertema Bhinneka Tunggal Ika, dengan sajian ragam budaya, seperti pakaian pasangan pengantin dan pakaian adat, alat musik daerah, dan wayang dari seluruh suku. Di ruang kaca terdapat seperangkat gamelan komplit dengan penabuh berpakaian Jawa lengkap, sinden, dalang yang tengah menampilkan Hanoman dan Kumbakarna, serta jejeran wayang kulit, kelir, dan blencong.

Ada pula pajangan wayang kulit kuno, serta beragam wayang golek dan wayang Tengul dari Bojonegoro yang tidak saja menggunakan kisah Mahabharata dan Ramayana, namun juga cerita Panji, babad asal usul daerah, kisah Majapahitan, Walisongo jaman Mataraman, atau cerita menak.

Upacara Adat

Naik ke lantai dua Museum Indonesia TMII yang bertema Manusia dan Lingkungan, terdapat diorama upacara adat dalam kehidupan tradisi, seperti ritual turun tanah. Ada pula diorama ritual tujuh bulan, khitanan, potong gigi, dan penobatan datuk.

Di sebuah ruang kaca, diperlihatkan benda-benda terbuat dari kayu jati dan logam yang biasa ada di ruang dalam rumah-rumah kuno di Jawa Tengah, seperti gebyok penyekat ruang, tombak pusaka, lampu tradisional, lemari kayu dan meja antik, serta manekin pria berpakaian adat Jawa yang sedang membersihkan sebilah keris.

Beragam perlengkapan masa panen dipajang di lantai dua Museum Indonesia TMII. Ada geblokan perontok gabah, cetakan gula aren, gilingan padi dan jagung, rejangan tembakau, pikulan legen, dan coker pengaduk kedele. Juga dipajang alat rumah tangga, miniatur rumah tradisional, kamar pengantin, dapur, alat berburu, alat pertanian, serta alat transportasi. Ketika saya melongok ke luar saat hendak menuju ke lantai tiga, terlihat beragam patung yang diambil dari kisah Ramayana, dengan detail ukiran yang halus dan indah.

Di lantai tiga ada sebuah Arca Ganesha elok terbuat dari perunggu yang duduk di atas deretan tengkorak kepala manusia. Berbagai benda seni lainnya yang indah dan sangat berharga disimpan di lantai tiga Museum Indonesia TMII. Tema Lantai 3 adalah Seni dan Kriya, yang selain memamerkan bermacam kerajinan dan perhiasan yang terbuat dari bahan perak, kuningan, tembaga, kayu, serta keramik, juga ada koleksi tenun ikat, songket, batik, serta berbagai mata uang kuno kertas dan uang kepeng.

Pohon Hayat

Pohon Hayat atau Pohon Kehidupan diletakkan di bagian tengah lantai ini, dengan tinggi 8 m dan lebar 4 m, dibuat sepenuhnya dari tembaga. Pohon Hayat merupakan lambang alam semesta dengan unsur udara, air, angin, tanah, dan api. Selain suluran, terdapat pula ukiran Garuda, naga di setiap sisi, serta ukiran Kala. Puluhan keris dengan ornamen indah juga dipamerkan di lantai ini. Ada pula diorama proses membatik secara tradisional, pameran perhiasan dari Batak Karo dan Nias, dan banyak lagi lainnya.

Naik lagi ke lantai empat Museum Indonesia TMII, terdapat Ruang Pandang ke delapan penjuru angin. Dari sana saya bisa mengambil foto air tumpah di Snowbay Watertainment TMII. Ke arah depan, saya bisa melihat Kori Agung gerbang depan museum, Teater Imax Keong Mas, dan tenda-tenda untuk pesta pernikahan.

museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta tedak siten museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta museum indonesia tmii jakarta

Jam telah menunjukkan lewat pukul empat sore ketika kami meninggalkan museum, sehingga pagar di gerbang Barat telah tertutup. Petugas tidak terlihat batang lehernya, sehingga saya pun memelopori melompati pagar. Jangan ditiru :). Boleh dikatakan bahwa Museum Indonesia TMII Jakarta merupakan salah satu museum terbaik yang pernah saya kunjungi, sehingga sebaiknya tidak melewatkannya saat berkunjung ke TMII nanti.

Alamat Museum Indonesia berada di Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur. Nomor Telp 021 840 9246. Fax. 021 840 9213. Lokasi GPS : -6.301164, 106.891404, Waze. Jam buka : Senin-Minggu 08.00-16.00. Harga tiket masuk : Masuk Museum Indonesia TMII: Rp. 10.000. Hotel di Jakarta Timur, Hotel Melati di Jakarta Timur, Nomor Telepon Penting, Peta Wisata Jakarta, Peta Wisata Jakarta Timur, Rute dan Jadwal Lengkap KRL Commuter Line Jabodetabek, Rute Lengkap TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Timur, Trayek Bus Damri Bandara Soekarno - Hatta.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 13, 2021.