Gunungsitoli, Sumatera Utara

Togi Ndrawa Gunungsitoli Nias

Togi Ndrawa Gunung Sitoli Nias merupakan sebuah gua kuno yang lokasinya berada di Desa Lelewonu Niko’otano, Kecamatan Gunungsitoli, sekitar 3km dari pusat Kota Gunungsitoli. Togi Ndrawa berarti "Gua Islam", karena konon gua ini menjadi tempat persembunyian para pendatang beragama Islam pada jaman pendudukan tentara Jepang di Nias.

Versi lain menyebut bahwa dahulu kala gua ini merupakan tempat persembunyian orang Nias ketika Dawa (orang asing) datang ke daerah itu. Untuk mencapai tempat ini pengunjung bisa menggunakan kendaraan bermotor, dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh beberapa ratus meter.

Gua Togi Ndrawa memiliki empat mulut gua yang berderet dari Selatan ke Utara, menghadap ke Timur dan Tenggara. Di dalam gua pengunjung bisa melihat bermacam bentuk stalaktit dan stalagmit yang terbentuk dalam proses yang berlangsung selama ribuan tahun.

Gua ini tampaknya memang cocok sebagai tempat persembunyian karena kabarnya ada lorong gua yang terhubung sampai ke Gua Laowomaru di Desa Fodo yang jauhnya sekitar 12km.

Togi Ndrawa Gunungsitoli

Alamat : Desa Lelewonu Niko’otano, Kecamatan Gunungsitoli, Nias, Sumatera Utara. Rujukan : Tempat Wisata di Gunungsitoli Nias


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 04, 2017.