Pandangan tentang Apa itu Hidup

October 28, 2017
aroengbinang.com - Mari kita berhenti sejenak untuk merenungkan, membiarkan pikiran kita terbebas dari hal-hal yang telah mengganggu kita akhir-akhir ini. Hal-hal yang membuat kita merasa tidak bahagia, merasa tidak aman, membuat kita merasa seperti pecundang, dan penyendiri di dunia yang penuh dengan orang asing. Tekan jeda, dan tarik napas dalam-dalam.

Dalam "Akar Kebahagiaan", saya menyebutkan beberapa hal umum yang mungkin mempengaruhi orang, seperti jarang melihat simpanan kita, tidak tahu apa yang membuat kita sedikit lebih bahagia dan karenanya tidak dapat mengerjakannya, dan tidak mengambil tanggung jawab dari kehidupan kita sendiri.

Di "Jalan yang Belum Terpetakan" saya menyebutkan tentang kebutuhan untuk menerima kemarin, hidup sampai hari ini, dan tidak untuk menginstall kekhawatiran hari ini akan hal-hal yang mungkin terjadi besok.

Memang benar, bahwa hal-hal itu jauh lebih mudah untuk disampaikan atau dikatakan daripada menerima atau melakukan ketika kita menghadapi kenyataan kehidupan, tapi bagaimana dengan kehidupan?

Berikut adalah beberapa pemikiran.

Hidup adalah permainan dengan seperangkat peraturan universal dimana pemenang, pecundang dan penonton dapat mengubah posisi kapan saja. Ada medan perang yang jumlahnya tidak terbatas untuk dipilih, masing-masing memiliki peraturan spesifik tersendiri, dan orang dapat beralih dari satu medan perang ke medan perang lain sebanyak yang mereka inginkan, atau hanya bertahan dengan satu di sisa hidup mereka.

Hidup adalah panggung pertunjukan yang hebat dengan Sutradara yang tak terlihat, tanpa skrip yang tersedia, dan pemain terus mencari dan menebak peran mereka yang sebenarnya. Beberapa orang mungkin merasa bahwa mereka telah menemukannya di awal kehidupan mereka, orang lain mungkin akan menyadarinya pada tahap akhir, dan ada sekelompok orang yang mungkin sama sekali tidak pernah memikirkan alasan keberadaan mereka.

Hidup adalah pelatihan dan pembelajaran bagi mereka yang memiliki pengamatan dan pemikiran analitis yang tajam. Hidup adalah sekolah dan universitas terbuka tanpa batas di mana orang dapat hadir di kelas hanya dengan melihat dan atau bergerak dan menangkap poin pembelajaran utama dengan mata, telinga, hati, pikiran dan jiwa mereka. Semakin jauh mereka pergi, semakin banyak orang yang mereka temui, semakin banyak pengetahuan baru yang mereka miliki, dan semakin banyak keterampilan baru yang bisa mereka dapatkan. Tapi tidak ada yang tanpa harga.

Hidup adalah tempat amal raksasa, dengan sejumlah area dan tempat di mana orang-orang dengan hati dan pikiran yang murah hati dapat menawarkan kontribusi mereka, dalam bentuk yang mungkin, kepada masyarakat lokal atau komunitas dunia. Pengalaman pribadi, terkadang sangat pahit dan menyakitkan, dapat mengubah pola pikir atau paradigma seseorang. Hidup kemudian akan didedikasikan untuk membantu orang lain, baik untuk manusia, hewan, atau alam.

Hidup adalah perjalanan misterius yang sulit di sepanjang jalan yang bergelombang dengan begitu banyak cabang yang tidak dapat diprediksi dimana orang perlu membuat keputusan dari waktu ke waktu mana jalan untuk bepergian, jalan mana yang harus dihindari, dan harus menghadapi konsekuensi yang akan menyusul. Selama perjalanan singkat, orang bertemu, membuat dan berbagi cerita, lalu pergi ke arah yang berbeda, atau mengayunkan langkah kembali, sampai tirai terakhir jatuh.

Di kehidupan langit dan neraka berada berdampingan, tanpa dinding diantaranya. Langit hari ini bisa jadi neraka besok. Tidak tinggal permanen, tidak ada tiket resmi yang dibutuhkan untuk masuk gerbang, karena setiap orang bisa menciptakannya sendiri. Tingkat rasa manis atau kepahitannya bisa menjadi lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung pada seberapa baik orang mengembangkan tubuh, hati, pikiran, dan jiwa mereka. Tidak ada batas, bagaimanapun juga.

Hidup adalah buku tak terlihat di mana orang dapat menulis di atasnya dengan tangan mereka sendiri dan menjadi penguasa takdir, atau membiarkan orang lain menuliskannya untuk mereka dan hanya menjadi boneka hidup tanpa pikiran yang independen. Meskipun tidak ada tinta yang dapat dihapus begitu ditoreh pada buku kehidupan, sejumlah halaman baru yang tidak terbatas selalu tersedia bagi orang-orang untuk memulai episode bersih yang baru kapan saja mereka mau.

Sekarang, akan sangat menarik untuk mengetahui arti hidup bagi Anda. Seperti biasa, saya akan mendengarkan. (Terbit 7 Juni 2007)
Lihat tulisan tentang: .
Penulis : Seorang pejalan musiman ...