Candi, Jawa Barat, Karawang, Situs

Situs Candi Blandongan Karawang

Lokasi Situs Candi Blandongan Karawang berada di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, berjarak 45 km dari pusat Kota Karawang. Candi peninggalan agama Buddha ini terbuat dari susunan bata merah berkuran 24,6 m x 24,6 m dan tinggi 4,9 m.

Berbeda dengan Candi Jiwa, pada Candi Blandongan yang ditemukan tahun 1993 ini terdapat undakan pada keempat sisinya. Sebagian badan candi masih berdiri meskipun tidak utuh dan candi terlihat cantik setelah dipugar.

Analisa radiometri dengan menggunakan Carbon-14 pada artefak Candi Blandongan memperlihatkan hasil yang cukup mengejutkan, karena ada artefak yang berasal dari abad ke-2 Masehi dan yang termuda berasal dari abad ke-12.

Selain itu pada Candi Blandongan ditemukan pula lantai cor beton yang terbuat dari campuran batu koral, kapur kulit kerang dan pasir. Ada pula materai utuh sejumlah 10 buah diantaranya bergambar patung Buddha Amitabha yang diduga berasal dari abad ke 6-7, keramik Cina, gerabah, dan beberapa fragmen perunggu ditemukan pada tahun 2011.

Situs Candi Blandongan

Alamat : Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Karawang. Lokasi GPS : Google Maps, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Karawang, Tempat Wisata di Karawang, Peta Wisata Karawang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 23, 2017.