Jawa Barat, Karawang, Makam

Makam Para Bupati Karawang

Makam Para Bupati Karawang berada di Desa Manggungjaya, Kecamatan Cilamaya, Karawang, sekitar 40 Km dari pusat Kota Karawang. Diantara Bupati Karawang yang dimakamkan di tempat ini adalah bupati pertama Karawang yang bernama Raden Singaperbangsa yang memerintah Karawang dari tahun 1633 sampai ia wafat pada 1677.

Bupati Karawang lainnya yang dimakamkan di Makam Para Bupati Karawang ini adalah R. Anom Wirasuta gelar Raden Adipati Panatayuda I Bupati Karawang ke-2 (1677-1721), R. Jayanegara RA Panatayuda II Bupati Ke-3 (1721-1731), R. Martanegara / R. Singanagara gelar RA Panatayuda III Bupati Ke-4 (1731-1752), R. Mohamad Soleh gelar RA Panatayuda IV Bupati Ke-5 (1752-1786), dan ada makam Siti Ansiah (Keramat Manggung) dari Kampung Kali Daon Cigobang.

Di tempat ini juga dibuat bangunan pendukung mirip bangunan keraton serta diteduhi pepohonan yang dibuat jaman Bupati Sumarno Suradi tahun 1992. Makam Para Bupati Karawang menjadi tempat ziarah tahunan saat terkait perayaan ulang tahun Kota Karawang yang telah berdiri sejak 14 September 1633.

Akses menuju Makam Para Bupati Karawang bisa melalui rute Karawang - Cilamaya Kulon atau Karawang - Cikampek - Cilamaya.


Makam Para Bupati Karawang

Alamat : Desa Manggungjaya, Kecamatan Cilamaya, Karawang. Rujukan : Hotel di Karawang, Tempat Wisata di Karawang, Peta Wisata Karawang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 23, 2017.