Bekasi, Jawa Barat, Masjid

Masjid Jami Al-Hidayah Bekasi

Masjid Jami Al-Hidayah Bekasi berada di Kaliabang Bungur, pada perempatan Jalan Kompleks Seroja, di seberang kanan Ponpes Sullamul Istiqomah, Bekasi Utara. Masjid Jami al-Hidayah, dikenal juga dengan nama Masjid Bungur, didirikan pada 1935 oleh KH Noer Ali, Ust. Burhanuddin, H. Thoha dll, dan pernah menjadi markas penggemblengan laskar Hizbullah untuk melawan Belanda.

KH Noer Ali sendiri dikenal sebagai “Singa Karawang Bekasi” karena keberaniannya melawan Belanda, terutama setelah terjadinya Agresi Militer pada Juli 1947.

KH Noer Ali mendirikan dan menjadi komandan Markas Pusat Hisbullah-Sabilillah selama perang kemerdekaan, dan kisah heroiknya itu difilmkan pada 2003 dengan judul “Singa Karawang Bekasi”.

KH Noer Ali mendapat gelar Pahlawan Nasional pada 9 Nopember 2006.


Masjid Jami al-Hidayah

Alamat : Kaliabang Bungur, Bekasi. Lokasi GPS : -6.197768, 106.987757, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel Murah di Bekasi, Hotel di Bekasi, Tempat Wisata di Bekasi, Peta Wisata Bekasi.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 05, 2017.