Bogor, Jawa Barat, Kuliner

Sate Kiloan PSK Sentul

Sebenarnya tak sengaja kami mampir ke Sate Kiloan PSK Sentul yang berada di Jl Raya Babakan Madang, karena memang bukan dari golongan maniak sate atau gulai. Hanya saja karena tak menemukan tempat lain yang lebih menarik di sekitar tempat itu, dan sepertinya nama itu cukup terkenal, maka kami sepakat untuk makan saja di sana.

Ada cukup banyak mobil parkir di Sate Kiloan PSK Sentul yang terlihat sederhana, mobil mewah pun ada. Kami parkir di bahu jalan yang ada ceruknya di seberang warung. Karena aspal tak begitu baik dan lalu lintas tak ramai, maka tak susah untuk kami menyeberang jalan.

Saat itu harga Sate Kiloan PSK Sentul 1/4 kg dipatok Rp 51.000, sate ayam per tusuk Rp 3.000. Tongseng kambing, sop kambing, gulai kambing, dan nasi goreng harganya Rp27.000. Ayam bakar dan goreng Rp 23.000, serta nasi putih Rp 5.000. Harga jus bervariasi antara Rp.11000 - Rp.16000. Harga-harga itu belum termasuk PPN 10%.

Penampakan Warung Sate Kiloan PSK Sentul saat itu terkesan biasa saja, dengan spanduk nama warung serta daftar menu andalan utamanya dipajang di sana, seperti sate kambing, sate ayam, tongseng, gule, sop kambing, ayam goreng, dan ayam bakar. Meski bangunan warung sate dari luar terlihat cukup sederhana, namun ruangannya ditata dengan baik, bersih, cukup nyaman, dan dengan penerangan yang memadai.

Pelayanan warung makan ini pun bisa dikatakan cukup efisien, meskipun dengan demikian terkesan agak kurang ramah, entah karena lelah melayani pelanggan atau karena sebab lain. Tentu saja orang datang untuk makan, dan asalkan hidangannya lezat dengan harga yang wajar, kekurangan pada pelayanan biasanya bisa ditolerir, sampai batas tertentu.

Meski pungunjung memang cukup banyak ketika masuk ke dalam ruangan warung Sate Kiloan PSK Sentul, namun tidak ada kesulitan untuk menemukan meja kosong dan daftar menu makanan sudah ada di tangan hanya beberapa saat setelah kami duduk. Pelayanan warung makan ini bisa dikatakan cukup efisien, meskipun dengan demikian terkesan agak kurang ramah.

Selain sate ayam dan sop kambing, kami juga memesan sate kambing. Sate bisa dipesan per 1/4 kg atau per tusuk. Menu yang ditawarkan selain yang sudah disebut adalah nasi goreng kambing, dan nasi goreng ayam. Di Sate Kiloan PSK bisa dipesan pula kambing guling 10 kg yang saat itu masih seharga Rp.1,65 juta, belum termasuk PPN 10%.

Untuk minum kami memesan jus sirsak dan teh botol. Belakangan jika makan di warung atau restoran saya lebih memilih untuk memesan teh pahit panas ketimbang jus atau minuman lainnya, untuk mengurangi asupan gula. Maklum ada riwayat keturunan dibates, selain panasnya teh saat diseruput bisa menambah nikmatnya makan.

Sop kambing dan sate ayam versi warung Sate Kiloan PSK Sentul datang ke meja kami terlebih dahulu. Seperti biasa sate ayamnya menggunakan bumbu kacang, hal yang sangat umum dijumpai di semua warung penjual sate. Daging ayamnya empuk dan dipanggang matang meskipun ada sedikit daging yang gosong. Hal yang tak saya sukai.

Sop kambingnya rasanya juga segar di tenggorokan dan kuahnya pas sebagai teman makan sate yang tentunya tak berkuah. Daging kambing di dalam sop ini juga dimasak dengan baik dan empuk. Nasi putihnya hangat, disajikan dalam bakul tradisional dilapis dengan daun pisang. Pengunjung menyendok sendiri nasi yang dibutuhkan.

Tak lama kemudian sate kambing warung Sate Kiloan PSK Sentul telah tersaji di meja, dengan bumbu kecap, irisan tomat, bawang merah dan tebaran potongan cabe hijau. Ukuran daging kambingnya cukup besar, namun sayangnya lagi ada sedikit daging yang kehitaman, meski saya sudah berpesan sebelumnya agar tidak ada yang gosong.

sate kiloan psk sentul sate kiloan psk sentul sate kiloan psk sentul sate kiloan psk sentul sate kiloan psk sentul sate kiloan psk sentul sate kiloan psk sentul sate kiloan psk sentul

Daging bakar gosong bukan saja tak enak dimakan, namun akan melepaskan benzopyrene, zat karsinogenik atau zat berbahaya pemicu timbulnya penyakit kanker. Pengetahuan ini mestinya diketahui oleh para penjual sate dan penikmatnya agar terhindar dari hal yang tak diinginkan. Sekali dua tak apa, namun jangan keseringan makan daging gosong.

Alamat Sate Kiloan PSK Sentul berada di Jl. Raya Babakan Madang No.2, Bukit Sentul, Bogor. Lokasi GPS : -6.5709907, 106.8648693, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Hotel di Bogor, Hotel di Bogor Kota, Peta Wisata Bogor, Tempat Wisata di Bogor.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 18, 2021.