Jawa Timur, Pantai, Surabaya

Pantai Nambangan Surabaya

Pantai Nambangan Surabaya merupakan tempat pertama yang saya kunjungi di Surabaya pada pagi itu, ditemani Apey Idris, Fani Damayanti, dan Putu. Apey dan Fani adalah dua diantara tiga teman yang bersama-sama saya pergi melihat Jazz Gunung, ke dek pengamatan Bromo di Gunung Penanjakan, serta ke Gunung Bromo, dan ke Pasir Berbisik yang indah dan sangat mengesankan.

Ini adalah hari kedua dalam serial perjalanan ke wilayah timur Jawa untuk kali itu, setelah sehari sebelumnya sempat mengunjungi beberapa tempat Wisata Gresik, yang memiliki banyak peninggalan bersejarah menarik.

Pantai Nambangan Surabaya berada di daerah Kenjeran, yang mulai ramai dikunjungi pejalan setelah beroperasinya Jembatan Suramadu. Meskipun bukan sebuah pantai yang indah, namun Pantai Nambangan merupakan tempat yang baik untuk menikmati pemandangan Jembatan Suramadu, terutama pada malam hari, sambil duduk-duduk menghidupkan waktu bersama orang terdekat.

Pantai Nambangan Surabaya

Batu-batu koral pelindung abrasi di tepian Pantai Nambangan, tanpa menyisakan sedikitpun pasir di batas airnya. Pohon-pohon peneduh di tepi jalan cukup memberikan perlindungan bagi pejalan dari sengatan matahari. Seorang bapak terlihat tengah menggendong anaknya.

Pemandangan Pantai Nambangan juga sempat saya ambil fotonya dari atas perahu ketika kami kembali dari Jembatan Suramadu, dengan batu-batu koralnya itu, pohon peneduh yang cukup banyak namun tak terlalu besar, tiga buah pintu air, dan deretan warung-warung sederhana di tepian jalan di samping pantai.

Pantai Nambangan Surabaya

Saat itu hanya terlihat segerombolan anak kecil bermain di atas muara sebuah kanal kecil di pinggiran pantai. Pantai Nambangan memiliki tiga buah pintu air kecil yang terlihat sudah mulai renta, dan tiga pintu lagi sudah lenyap. Di sisi kiri pantai terdapat tembok pelindung permukiman cukup tinggi yang menjadi indikasi tingginya permukaan air laut saat pasang.

Dengan menumpang perahu nelayan maka pengunjung bisa melihat Pantai Nambangan dilihat dari laut, dengan masjid yang memiliki kubah dan menara cukup indah. Sayang langit pucat, dan udara cukup panas. Hari memang sudah agak siang, dan jelang siang memang bukan waktu yang baik untuk pergi ke Pantai Nambangan.

Pantai Nambangan Surabaya

Dari tepian Pantai Nambangan kami bisa melihat pemandangan Jembatan Suramadu yang terlihat berdiri megah di kejauhan. Lampu-lampu jembatan, serta sorot lampu mobil yang berlalu lalang di atasnya, akan menjadi pemandangan yang indah ketika malam tiba. Sebuah masjid terlihat berada di tepian pantai.

Pantai Nambangan merupakan tempat yang baik juga untuk melihat lalu-lalangnya perahu-perahu motor yang disewa para pejalan untuk melihat Jembatan Suramadu. Tampaknya mereka menyewa perahu dari Taman Hiburan Pantai Kenjeran, sesuatu yang kami juga lakukan kemudian.

Perahu-perahu nelayan yang berlabuh di Pantai Nambangan ini mungkin bisa disewa untuk melihat Jembatan Suramadu dari dekat. Namun tidak ada nelayan yang mendekat ke tempat kami berada untuk menawarkan jasanya. Boleh jadi mereka sudah punya pengalaman untuk memilih waktu terbaik dalam memprospek sewa kapal kepada pelancong.

Tidak begitu lama kami berada di Pantai Nambangan setelah cukup puas melihat suasana sekeliling pantai, dan melihat perahu lalu lalang di kejauhan dengan latar pemandangan Jembatan Suramadu yang terlihat elok dengan tiangnya yang kekar.

Pantai Nambangan Surabaya bisa menjadi alternatif tujuan wisata yang murah, bahkan tanpa perlu mengeluarkan uang, untuk bisa menikmati pemandangan Jembatan Suramadu yang menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Timur. Mudah-mudahan saat anda membaca tulisan ini, sudah ada tempat-tempat duduk nyaman di Pantai Nambangan yang disediakan bagi para pejalan.

Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya Pantai Nambangan Surabaya

Pantai Nambangan Surabaya

Alamat : Desa Nambangan, Kecamatan Kenjeran, Surabaya. Lokasi GPS : -7.22627, 112.78923, Waze. Rujukan : Hotel di Surabaya, Tempat Wisata di Surabaya, Peta Wisata Surabaya.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Desember 06, 2020.