Jakarta, Jakarta Barat, Masjid

Masjid Al Islam Petamburan Jakarta

Lokasi Masjid Al Islam Petamburan Jakarta berada di Jl. KS Tubun 61, Jakarta Barat, berseberangan dengan sisi Utara RS Pelni Petamburan. Masjid Al Islam Petamburan didirikan pada 1770 M oleh Sultan Burhanuddin Syeikh Al-Masri asal Minangkabau.

Masjid Al Islam Petamburan memiliki jendela lengkung di berandanya, dengan kubah bulat dilapis aluminium beralas atap model loteng mini berventilasi. Di bagian kiblat masjid terdapat makam para pendiri masjid yang bercungkup batu, menghadap Jl. KS Tubun.

Sultan Raja Burhanuddin Syeikh Al-Masri datang ke daerah Tanah Abang pada akhir abad ke-18 untuk melihat pusat perdagangan yang telah terkenal hingga ke tanah Minang. Lantaran terlalu sibuk di pasar, dan letak masjid yang jauh, ia melihat bahwa para pedagang dari kampungnya sering lupa shalat dan jarang tersentuh dakwah.

Karena itulah, dengan bantuan berbagai pihak, Sultan Raja Burhanuddin lalu mendirikan masjid yang tak begitu jauh dari pasar dan permukiman para pedagang Tanah Abang. Pada 1770 Masjid Jami Al-Islam pun berdiri. Masjid ini kemudian dipimpin oleh ulama asal Hadramaut, Yaman Selatan, yang dikenal dengan nama Habib Usman.

Dalam berdakwah, Habib Usman banyak dibantu oleh Haji Saidi dan Haji Muala, warga asli Betawi Petamburan. Setelah tahun 1920-an, hanya Haji Muala yang menjabat sebagai Kepala Takmir Masjid Jami Al-Islam. Pada 1925 Haji Muala merintis pemakaian bahasa Melayu dalam khotbah Jum'at di Masjid Jami Al-Islam, yang bertujuan agar dakwah Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat Melayu.

Meski mendapat tentangan dari para ulama yang terbiasa menggunakan bahasa Arab dalam khotbah Jumat, bahkan karena itu Haji Muala diminta Kantor Polisi Belanda (HofdBureau) untuk untuk menuruti keinginan para ulama, Haji Muala tetap pada keputusannya. Lambat laun banyak masjid di sekitar Tanah Abang mulai memakai bahasa Melayu, dan akhirnya menyebar ke seluruh wilayah Betawi.


Alamat Masjid Al Islam Petamburan berada di Jl. KS Tubun 61, Petamburan, Jakarta Barat. Lokasi GPS : -6.1926818, 106.8058647, Waze. Rujukan : Hotel di Jakarta Barat, Tempat Wisata di Jakarta Barat, Hotel Melati di Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! November 01, 2018.